Advertorial

Film-film Ini Dapat Membantu Anda Memahami Pasar Modal

Kompas.com - 02/05/2017, 17:00 WIB

Pasar modal selalu punya daya tarik, namun tidak banyak yang memahaminya. Banyak yang merasa topik dunia keuangan adalah topik berat sehingga membutuhkan gelar tersendiri yang didapatkan dari bangku perkuliahan untuk dapat memahaminya.

Namun tidak harus melalui jenjang pendidikan formal. Ada beberapa cara yang menyenangkan untuk memahaminya. Salah satunya adalah dengan menonton film.

Ada banyak film yang bisa menjadi referensi. Ini hanyalah beberapa yang di rekomendasikan.

Wall Street

Wall Street adalah film klasik ini disutradai Oliver Stone pada 1987. FIlm ini menceritakan betapa dunia keuangan bisa sangat hedonis. Namun melalui film ini Anda bisa apa itu traders, broker, analis dan bankir. Film ini juga menceritakan bahaya insider trading.

Margin Call

Film ini berlatar belakang krisis pada 2008. Alur cerita pada film ini menunjukkan bagaimana transaksi dan instrumen derivatif dapat menjadi sangat berisiko dan berbahaya.

Boiler Room

Ini film ini cocok buat kamu yang baru akan memulai investasi di pasar saham. Pada alur ceritanya memberikan pelajaran untuk tetap transparan dan melihat fundamental perusahaan adalah hal penting. Film ini juga mengingatkan pada pepatah "Sesuatu yang terlalu susah untuk menjadi kenyataan itu biasanya salah".

The Wolf of Wall Street

Selain menarik karena dibintangi oleh Leonardo DiCaprio dan Jonah Hills, film ini menceritakan Bagaimana kisah kehidupan broker tidak terkenal, Stratton Oakmont, dalam menangani proses penjualan saham perdana (IPO) di 1980-1990an.

Trading Places

Eddie Murphy yang merupakan penipu jalanan menyamar sebagai manajer firma komoditas. Pada 15 menit terakhir, film ini menggambarkan dengan akurat bagaimana hiruk-pikuknya perdagangan di pasar komoditas.

Rogue Trader

Film ini menceritakan seorang trader bernama Nick Leeson yang membuat Barings Bank. Meskipun dibuat untuk menghibur, film ini berisikan pesan tentang pengelolaan risiko dan dunia finansial.

Glengarry Glen Ross

Ini merupakan film adaptasi David Mamet yang mengisahkan taktik seorang sales agar bisa sukses. Alec Baldwin memerankan tokoh tersebut dengan sangat baik beserta segala emosi yang ia tampilkan.

American Psycho

Pada film ini Christian Bale bermain sebagai investment banker yang punya rahasia kelam. Selain membahas tentang tentang keuangan, film ini juga menggambarkan bahwa elit keuangan itu memang ada.

Barbarians at The Gates

Film ini akan membuatmu terkejut betapa CEO Nabisco F Ross Johnson adalah seseorang yang tidak kompeten. Film ini juga menggambarkan hal-hal yang terjadi dibalik negosiasi dan kecurangan LBO.

Wall Street: The Money Never Sleeps

Film klasik ini mengajarkan banyak hal tentang Wall Street di mana alumninya juga menjadi cameo.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com