Advertorial

Ini Kiatnya Agar Karyawan Nyaman Bekerja di Kantor

Kompas.com - 04/05/2017, 17:00 WIB

Mendapatkan talenta terbaik bukan perkara mudah bagi setiap perusahaan. Karena itu kehilangan talenta-talenta terbaik adalah hal yang paling tidak diinginkan bagi setiap perusahaan.

Lalu, bagaimana cara membuat agar karyawan bertahan? Biasnya perusahaan memberikan perhatian ekstra terhadap kenyamanan dan kesejahteraan karyawan. Seperti:

1.  Menciptakan lingkungan kerja yang nyaman

Mulai dari menyediakan fasilitas ruang olahraga dan ruang bermain (konsol game, meja pingpong, ataupun ruang karaoke), bisa juga dengan menerapkan ruang kerja terbuka untuk memudahkan komunikasi antar karyawan.

Cara lain yang juga banyak diterapkan adalah dengan menyediakan makanan ringan di pantry atau makan siang bagi karyawan. Strategi ini sudah banyak diterapkan oleh perusahaan.

2.  Sistem Kompensasi (reward)

Dalam menerapkan strategi kompensasi bisa dibagi dalam dua bagian, yaitu kompensasi yang diberikan secara tunai, dan kompensasi yang diberikan secara non tunai.

Strategi kompensasi tunai diberikan dalam bentuk seperti bonus tahunan atau bonus jangka pendek serta unit saham. Bisa juga dengan retensi bonus, misalnya kaos atau t-shirt yang dibagikan saat acara khusus.

Sedangkan, kompensasi non tunai antara lain bisa diberikan melalui pengembangan karier, penghargaan seperti trip, penugasan ke luar negeri, kesempatan networking ataupun pelatihan dan pendidikan.

Pemberian kompensasi ini bergantung pada kemampuan dan jenis perusahaan, lokasi, serta profesi dan bidang keahlian karyawan.

3.  Team-outing dan kegiatan santai

Team-outing atau kegiatan santai lainnya secara teratur bisa diadakan perusahaan untuk menjaga keharmonisan antar karyawan dan divisi. Misalnya, menerapkan half-day pada hari Jumat terakhir di setiap bulan. Pada hari itu, karyawan hanya bekerja setengah hari, dan aktivitas kerja pada hari itu ditutup dengan kegiatan bersama.

Selain itu bisa juga dengan melakukan kegiatan outing yang dilakukan setiap tahun sekali. Kegiatan ini diadakan selain untuk menjalin keakraban antar karyawan, juga untuk menjaga work-life balance para karyawan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com