Advertorial

Selain Investasi di Pasar Modal, Beberapa Instrumen Ini Bisa Menjadi Pilihan

Kompas.com - 05/05/2017, 09:59 WIB

Berpotensi memberikan imbal hasil investasi yang tinggi, pasar modal menjadi pilihan untuk melakukan investasi. Namun dikarenakan tingginya risiko, ternyata banyak orang tak tertarik untuk menjajal pasar modal.

Nah untuk Anda yang tidak tertarik dengan pasar modal, ada beberapa pilihan investasi lainnya yang bisa menjadi pilihan:

Dollar AS

Memegang mata uang asing seperti dollar AS bisa menjadi alternatif.. Investasi dalam instrumen ini juga akan bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan dana dalam bentuk dollar AS, seperti biaya sekolah anak di luar negeri ataupun untuk keperluan liburan. 

Riset Infovesta Utama memperkirakan dollar AS tahun ini akan menguat seiring dengan perbaikan ekonomi di Amerika Serikat. Meskipun penguatan itu diperkirakan tidak akan signifikan, namun masih akan menguntungkan bagi Anda yang memegang dollar AS.

Investasi di dollar AS bisa dilakukan melalui berbagai cara. Seperti, menempatkan dana pada deposito dalam dollar AS yang saat ini mampu menghasilkan rata-rata 0,7 persen. Selain itu Anda juga bisa berinvestasi dalam dollar AS melalui reksa dana dengan bermacam jenis yang ada.

Salah satu pilihan baru adalah reksa dana syariah global yang dapat menempatkan 100 persen dananya ke luar negeri.

Alternatif berikutnya adalah dengan membeli emas dalam bentuk logam mulia (LM). Di tahun 2016 harga emas cukup berfluktuasi dari 1.071 dollar AS ke 1.366 dollar AS per troy ounce, sampai akhirnya ditutup pada 1.150 dollar AS per troy ounce atau naik 7,4 persen.

Namun, sebagai investor sebaiknya Anda tetap melakukan diversifikasi investasi. Sebab tidak ada yang bisa menebak arah perekonomian Indonesia dan dampaknya terhadap instrumen investasi.

Mengutip Infovesta, laju inflasi tahun ini diperkirakan masih sesuai target. Dengan potensi demikian tentu menjadi menarik untuk mencoba peruntungan dan berinvestasi pada berbagai produk di tahun ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com