Kilas daerah

Sabtu Ini, "Semarang Night Carnival" Bakal Ramaikan Kota Semarang!

Kompas.com - 05/05/2017, 11:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Semarang kembali menggelar pergelaran kolosal tahunan 'Semarang Night Carnival (SNC)', Sabtu (6/5/2017) nanti. Karnaval malam hari yang diadakan sebagai rangkaian peringatan hari ulang tahun ke-470 Kota Semarang itu rencananya dibuka oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Yahya Muhaimin, pukul 19.00 WIB.

Tahun ini Semarang Night Carnival akan diikuti oleh 400 pelajar SMP, SMA hingga perguruan tinggi Kota Semarang. Mereka akan berjalan kaki menempuh jarak sekitar 1,3 km dari titik nol kilometer atau depan Kantor Pos Besar Johar, kemudian menyusuri sepanjang jalan Pemuda dan berakhir di Lawang Sewu.

Tak hanya itu. Sebanyak 60 mahasiswa asing dan penari yang berasal dari empat Negara yaitu Thailand, Taiwan, Srilanka serta Korea Selatan juga tidak ketinggalan untuk memeriahkan karnaval seni budaya ini. Para penampil "asing" ini akan berbaur bersama ratusan peserta lainnya.

Acara tahunan terbesar di Kota Semarang ini akan disaksikan oleh 11 duta besar Negara yang akan ikut turnamen karate se-Asia.

KOMPAS.com/Nazar Nurdin Peserta karnaval Semarang Night Carnaval menggunakan kostum unik berjalan di Jalan Pemuda Semarang. SNC akan kembali digelar Sabtu (6/5/2017) malam esok.
Empat ikon

Tema ini Semarang Night Carnival bertema "Paras Semarang" yang menggambarkan wajah Semarang dalam bentuk ikon-ikon terpopuler. Wajah kota tersebut disimbolkan ke dalam empat hal, yaitu kekayaan kuliner, flora, fauna dan ikon bangunan kota.

Kekayaan kuliner digambarkan dengan lunpia dan bandeng presto, sedangkan flora dan fauna disimbolkan dengan bunga sepatu dan burung blekok yang mayoritas tumbuh subur di Semarang. Adapun ikon bangunan dimunculkan lewat Tugu Muda dan Lawang Sewu.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Kota Semarang, Achyani, mengatakan pergelaran tersebut digelar Pemkot Semarang secara gratis sehingga masyarakat diharapkan tidak melewatkan acara akbar tahunan ini.

Selama berlangsungnya kegiatan tersebut pihak Pemkot Semarang akan melakukan sistem buka tutup jalan yang dilewati peserta SNC.

"Kami melalui Dinas Perhubungan akan melihat kondisi jalan terlebih dahulu. Kalau kondisi memungkinkan, jalan tidak kami tutup, namun peserta SNC masih bisa melewatinya. Begitu juga sebaliknya, kami akan menutup jalan sebagian," ujar Achyani pada jumpa pers.

Dia menambahkan bahwa Dinas Perhubungan Pemkot Semarang sudah menyiapkan beberapa kantong parkir untuk memudahkan warga masyarakat yang akan menonton event tahunan tersebut. Kantong-kantong parkir tersebut berada di dalam gedung maupun parkir tepi jalan umum (on street parking).

"Untuk parkir tepi kami sediakan di Jalan Piere Tendean, Jalan MH Thamrin, Imam Bonjol, Sendowo dan juga Gajahmada," jelasnya.

Pihaknya berharap masyarakat dapat memarkirkan kendaraannya sesuai tempat yang telah disediakan secara tertib. Harapannya kegiatan ini akan berjalan lancar dan memberikan suasana aman dan nyaman khususnya bagi warga luar kota maupun wisatawan yang datang untuk menyaksikan Semarang Night Carnival.

Baca juga: Anda Orang Semarang? Ada Konser Khas Semarang Nanti Malam, Gratis!

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com