Advertorial

Suyanto Tafianoto, Pengusaha yang Naik Kelas Berkat Tas (Bagian 2)

Kompas.com - 05/05/2017, 15:00 WIB

Menghadapi pemalsuan

Kesuksesannya Suyanto dalam berbisnis tas tak luput dari hadangan. Setelah menguasai pasar tas koper, produknya belakangan menghadapi pemalsuan. Beberapa kali ia melakukan tindakan somasi atas pemalsuan atas produk-produknya.

“Pemalsuan selalu ada. Sejauh ini kita hanya melakukan somasi Pengacara. Yang terpenting baginya adalah menjaga kualitas dan terus berinovasi agar pemalsuan dapat diatasi,” jelasnya.

Suyanto mengakui kesuksesannya dalam berbisnis tak lepas dari peran perbankan untuk akses permodalan guna membesarkan kapasitas produksi dan jangkauan pemasaran. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) bagi Suyanto merupakan bank yang turut berperan besar dalam memberi pinjaman.

“Pelayanannya cepat dan memuaskan,” kata Suyanto.

Menurutnya, BCA menjadi mitra yang sangat mendukung pertumbuhan dan perkembangan usahanya. Bahkan, setahun terakhir dengan akses permodalan dari BCA, PT Tas Centre Cemerlang yang membawahi PT Sangra Ratu Gemilang berhasil membuka dua outlet baru di Jakarta dan Surabaya akhir tahun 2016.

“Kami berupaya terus membuka jaringan outlet baru, tetap harus hati-hati. Tidak boleh buru-buru,” imbuh Suyanto. 

Regenerasi

Untuk menjaga kelangsungan usahanya, Suyanto telah menyiapkan regenerasi. Meski tidak pernah memaksa anak-anaknya untuk menggeluti bidang yang sama, Suyanto bersyukur kini dua dari tiga anaknya, yaitu Thomas dan Daniel turut bergabung membesarkan bisnis tas yang dibangunnya.

“Sejak mereka kuliah, anak-anak saya membantu bekerja di perusahaan. Mereka bekerja secara profesional di semua bagian mulai dari produksi hingga pemasaran dan distribusi supaya menguasai bisnis ini secara menyeluruh. Menantu saya Henny secara khusus mengurusi tas-tas wanita merek ELLE & Bellezza,” tutur suami dari NG Soek Tjin ini.

Pria yang menggemari musik dan bermain piano ini termasuk orangtua yang demokratis. Dalam menjalankan bisnisnya, ia banyak berdiskusi dengan anak-anaknya.

“Dalam menjalankan usaha sekarang, anak-anak saya banyak mewarnai dengan ide-ide baru yang inovatif,” tutur Suyanto. Untuk menggali desain-desain inovatif terkini tak jarang timnya mengikuti pameran di berbagai belahan dunia, mulai dari Perancis, Italia, Amerika, Hongkong, hingga Singapura.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com