Advertorial

Investasi Ini Janjikan Untung Lebih dari 10 Persen Per Tahun

Kompas.com - 08/05/2017, 09:55 WIB

Investasi merupakan cara yang paling ideal untuk memiliki ketersediaan dana dalam jumlah besar demi masa depan. Anda yang tengah giat berinvestasi tentunya sudah mengetahui bahwa ada jenis investasi yang selama ini dinilai paling potensial dan stabil yaitu properti.

Imbal hasil yang berasal dari kenaikan harga atau pendapatan sewa dari investasi ini dinilai mampu memberikan keuntungan tinggi bagi para investor properti. Nah, saat ini ada satu jenis investasi properti lagi yang layak dilirik karena menjanjikan keuntungan lebih dari 10 persen per tahunnya yaitu investasi properti melalui Dana Investasi Real Estat (DIRE).

DIRE merupakan istilah resmi Indonesia untuk menyebut REIT (Real Estate Investment Trust).  Di luar negeri, REIT sendiri telah berkembang pesat dengan keuntungan yang menjanjikan.

Namun, ada sedikit perbedaan antara DIRE dengan REIT. DIRE diluncurkan dengan payung hukum Kontrak Investasi Kolektif (KIK)  yang mirip dengan reksa dana. 

Aset dasar DIRE dibatasi menjadi tiga hal yaitu aset real estat  seperti membeli gedung perkantoran, apartemen, atau rumah sakit dan menyewakannya. Selain itu juga aset yang berkaitan dengan real estat seperti membeli saham, obligasi perusahaan properti serta dalam bentuk kas atau setara kas.

DIRE memiliki potensi keuntungan tinggi. Mengutip dari Infovesta Utama, saat ini nilai sewa properti per tahun adalah berkisar 7 persen hingga 10 persen dari nilai properti tersebut. Nilai properti yang terus meningkat setiap tahunnya. Oleh karena itu, investor DIRE akan mendapatkan pendapatan dari kenaikan nilai properti plus nilai sewanya.

Misalnya saja seperti produk DIRE Ciptadana Properti Ritel Indonesia. Produk ini membukukan kinerja 23,46 persen dalam tiga tahun terakhir menurut data per 23 Maret 2017. Return itu lebih tinggi dari indeks harga saham gabungan (IHSG) yang pada periode tersebut kinerjanya hanya sebesar 18,3 persen.

Apabila dibandingkan dengan rata-rata reksa dana pendapatan tetap yang mencatat imbal hasilnya 20,75 persen, DIRE juga lebih unggul. Imbal hasil yang cukup tinggi ini terjadi karena nilai tanah yang terus naik ditambah dengan pendapatan sewa dari aset dasar produk itu.

Tertarik membeli DIRE untuk berinvestasi? Silakan saja. Sebagai informasi saat ini investasi awal di DIRE berkisar Rp 1 miliar apabila membeli dari manajer investasi.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com