Mengapa Banyak Minimarket Berdiri Berdekatan? - Kompas.com
Advertorial

Mengapa Banyak Minimarket Berdiri Berdekatan?

Kompas.com - 09/05/2017, 11:47 WIB
- -

Saat ini minimarket begitu menjamur. Berbagai gerai minimarket dapat ditemukan hampir di setiap sudut jalan perumahan atau jalan raya. Bukan hanya jumlah gerainya yang banyak, tetapi letaknya juga begitu berdekatan.

Nah, Anda pastinya sering bertanya-tanya di dalam hati, jika jumlah gerainya banyak dan berdirinya berdekatan, bagaimana persaingan usahanya? Atau jangan-jangan jarak gerai yang berdekatan tersebut memang disengaja?

Salah satu pemain dominan di bisnis ini, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk melalui Alfamart dan Alfamidi menjelaskan alasannya. Perusahaan tersebut mengatakan bahwa minimarket berdiri berdampingan agar bisa tumbuh bersama dalam memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen lewat persaingan sehat.

Saat menentukan lokasi gerai, perusahaan biasanya menerapkan konsep model pasar persaingan sempurna (PPS) dalam prinsip ekonomi. Model ini didefinisikan sebagai bentuk pasar paling ideal. Jadi, salah satu ciri dalam satu pasar terdapat lebih dari satu pengusaha dengan barang atau jasa yang ditawarkan bersifat homogen.

Lokasi berdekatan juga bisa menghemat biaya riset maupun studi kelayakan lokasi baru. Studi kelayakan mempertimbangkan beberapa hal, termasuk kepadatan penduduk atau jumlah kepala keluarga (KK), kepadatan lalu lintas sekitar minimarket, target segmen yang tepat dan lingkungan sosial yang mendukung.

Kedekatan ini secara tidak langsung memberi kemudahan masyarakat dalam memilih atau membandingkan harga, produk, kualitas serta jasa. Bisnis minimarket pun bisa bersaing secara adil dalam memuaskan konsumen dan memberi harga wajar.

Selain itu banyaknya jumlah gerai dan gerai-gerai yang berdiri berdekatan juga disebabkan oleh tidak diperlukannya ruang usaha yang besar. Harga investasi lebih murah yaitu mulai dari Rp 400 juta, di luar biaya lokasi.

Menurut data rata-rata pertumbuhan minimarket di Indonesia per tahun hingga September 2015 yang dirilis Alfamart tercatat, pertumbuhan mencapai 12,7 persen. Lebih tinggi dibanding supermarket maupun hypermarket dengan pertumbuhan 3,6 persen. 

Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM