Advertorial

Ikut Gerakan Sosial Ini dan Tingkatkan Minat Baca Anak Indonesia!

Kompas.com - 09/05/2017, 16:49 WIB

Rendahnya minat baca dan tingkat literasi masih menjadi tantangan utama di dunia pendidikan Indonesia. Budaya literasi di Indonesia tertinggal jauh dari negara-negara maju dan bahkan juga dari negara tetangganya di Asia Tenggara yaitu Vietnam.

Indonesia sebenarnya memiliki Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Peraturan menteri tersebut menyebut adanya kewajiban bagi para siswa untuk membaca buku non pelajaran atau pengetahuan umum sekitar 15 menit sebelum kelas dimulai.

Hampir mirip dengan yang diterapkan sekolah-sekolah di Jepang yang mengharuskan siswa membaca selama 10 menit sebelum kegiatan belajar dimulai.

Namun bedanya, di Indonesia tidak semua sekolah punya koleksi buku lengkap. Terutama sekolah-sekolah di kota kecil dan pelosok. Banyak perpustakaan-perpustakaan sekolah yang koleksi bukunya tidak lengkap, tidak mengikuti perkembangan zaman, dan usang.

Meningkatkan minat baca dan budaya literasi memerlukan akses yang mudah untuk memperoleh buku-buku bacaan. Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri untuk membenahi masalah ini, perlu kerja sama dari berbagai pihak termasuk komunitas-komunitas dan masyarakat.

Anda bisa melakukan kontribusi nyata untuk memudahkan anak-anak di seluruh Indonesia, hingga ke pelosok-pelosok untuk mendapatkan buku bacaan yang layak. Dengan demikian minat dan hobi membaca akan tumbuh.

Ikuti saja Gerakan #BukuUntukIndonesia. Kunjungi www.bukuuntukindonesia.com, klik tombol “Berbagi”. Anda akan diarahkan ke halaman situs jual beli Blibli.com untuk memilih paket donasi yang Anda inginkan.

Hanya dengan memilih paket donasi minimal Rp 100 ribu Anda sudah dapat berpartisipasi mewujudkan generasi penerus bangsa yang lebih baik, menumbuhkan budaya baca, dan tingkat literasi di Indonesia.

Ini karena jumlah uang yang didonasikan melalui gerakan ini akan dikonversikan menjadi buku-buku bacaan. Buku-buku tersebut akan didistribusikan ke berbagai daerah di Indonesia.

Gerakan #BukuUntukIndonesia diinisiasi oleh PT Bank Central Asia Tbk bagi anak-anak di pelosok negeri agar mereka dapat memperoleh buku bacaan yang layak sebagai sumber pengetahuan. Gerakan sosial ini berhasil mendulang partisipasi baik dari masyarakat umum hingga kalangan selebritis.

Jika Anda ikut berpartisipasi dalam gerakan ini, sebagai apresiasi BCA akan memberikan Kaos Kebaikan. Segera kunjungi www.bukuuntukindonesia.com dan ciptakan perubahan. Jadikan anak Indonesia lebih baik lagi! (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com