kabar mpr

Ketua MPR RI: Perilaku Rakyat dan Pemimpin Harus Mencerminkan Pancasila

Kompas.com - 10/05/2017, 17:40 WIB

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan hadir dalam seminar nasional 4 Pilar Kebangsaan yang digelar di Aula Anwar Musadad UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat (10/5/2017) yang mengangkat tema “Sinergitas Agama, Budaya, dan Negara”.

Dalam pidatonya Zulkifli menegaskan bahwa Indonesia adalah negara berlandaskan Pancasila, karena itu perilaku rakyat dan pemimpinnya harus mencerminkan Pancasila. Jika Pancasila dijadikan pegangan perilaku berbangsa bernegara, maka Pancasila itulah yang menjadi pemersatu bangsa.

Salah satu yang poin dibahas oleh Menteri Kehutanan periode 2009-2014 ini adalah sila pertama dalam Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Pada dasarnya warga negara Indonesia adalah warga negara yang bertuhan.

Oleh karena itu, tidak benar jika ada yang mempertentangkan antara agama, kebangsaan, dan NKRI. Itu satu kesatuan yang saling melengkapi dan seiring sejalan. Membela negara adalah bagian dari ajaran agama.

"Prinsipnya, warga negara Indonesia wajib menyembah Tuhan-nya dan beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dengan leluasa," ujar dia.

Zulkifli menyatakan penggunaan simbol-simbol agama dalam beribadah dan berkehidupan merupakan hak warga negara, namun yang perlu diperhatikan adalah sikap dan perilaku pada saat menggunakan simbol tersebut. Ia juga menegaskan bahwa kegiatan keagamaan merupakan hak warga negara yang dijamin oleh undang-undang.

"Jika seorang warga negara beragama Islam ingin gubernurnya Islam, itu bukan rasis, itu adalah hak warga negara yang dijamin oleh Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Ini yang harus diluruskan." tegasnya.

Ia kemudian menambahkan, salah satu hal yang tidak boleh dilakukan adalah melarang mereka dan mempolitisasi agama untuk saling memfitnah dan menghancurkan.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com