Advertorial

Ini 6 Sikap yang Perlu Anda Miliki Jika Ingin Sukses Berinvestasi

Kompas.com - 11/05/2017, 10:31 WIB

 

Investasi, terutama di pasar modal, sudah pasti memiliki risiko. Pelemahan pertumbuhan ekonomi, keamanan dan stabilitas politik, serta banyak faktor mempengaruhinya. Lalu sikap apa yang tepat ketika hal-hal mengkhawatirkan terjadi di dunia investasi?

Menurut artikel yang ditulis oleh Morgan Housel di majalah Time, investor-investor kaya yang sukses memiliki enam sikap yang hampir sama untuk menghadapi kondisi tidak tentu di dunia investasi. Apa saja?

Pertama adalah sikap tenang. Para investor kaya kebanyakan meniru sikap para sosiopat yaitu tidak terpengaruh oleh ketakutan orang lain. Alias tidak ikut panik. Kedua, sikap apolitis atau tidak mendasari keputusan investasi pada pandangan politik.

Ketiga, tidak  menganggap serius ramalam atau prediksi. Seakurat apapun peramalan atau prediksi, tetap saja itu bukanlah fakta. Namun, bersikaplah rendah hati terhadap segala kemungkinan.

Keempat, buat diri Anda selalu sibuk. Ketidakpedulian terhadap kondisi investasi kita pada satu saat justru akan menghindarkan risiko investasi. Investasi dalam sudut pandang tertentu tidak berbeda dengan pmenunggu. Saat kamu sibuk, pikiran tentang risiko akan teralihkan ke kegiatan produktif lain, kemudian Anda dapat mengambil keputusan pada saat pikiran tenang.

Kelima, berpikir secara terbuka. Sikap selalu mau belajar adalah bekal utama para investor kaya untuk mengetahui lebih banyak informasi . Mereka tidak ingin hanya meyakini apa yang mereka tahu.Terakhir, bersikap optimis dan realistis.  

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com