Advertorial

Ini Untung-Rugi Memiliki Lebih dari Satu Kartu Kredit

Kompas.com - 11/05/2017, 17:00 WIB

Ada sejumlah alasan untuk memiliki lebih dari satu kartu kredit. Bagaimana tidak? Alat pembayaran non-tunai tersebut  tidak hanya memudahkan Anda saat berbelanja, tetapi juga ketika bepergian ke luar negeri.  Ditambah lagi dengan adanya penawaran spesial atau promo khusus pengguna kartu kredit. Jadi, wajar saja bila ada sebagian orang yang memiliki lebih dari satu kartu kredit.

Meski begitu, bukan berarti Anda perlu menerapkan gaya hidup yang sama. Group Business Consumer Card PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menjelaskan bahwa kebutuhan akan kepemilikan lebih dari satu kartu kredit sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan maupun kemampuan finansial.

Pemerintah Indonesia juga memiliki regulasi terkait kepemilikan kartu kredit. Mekanismenya, nasabah yang berpenghasilan sebesar Rp 3 juta hingga Rp 10 juta tidak diperbolehkan untuk memiliki lebih dua kartu kredit.

Jika kerap melakukan perjalanan bisnis dan mendapatkan pengembalian pembayaran atau reimbursement dari kantor, maka ada baiknya Anda memiliki lebih dari satu kartu kredit. Tujuannya adalah untuk memisahkan biaya operasional dengan pengeluaran pribadi, sehingga pencatatan lebih teratur dan pengeluaran lebih terkendali. 

Selain itu, setiap kartu kredit memiliki fitur serta keunggulan yang berbeda-beda. Misalnya, Anda sedang berkunjung ke Singapura dan membawa dua kartu kredit. Kartu kredit pertama memiliki nilai tukar uang asing yang rendah, sedangkan kartu kredit kedua menawarkan diskon cukup besar. Demi mendapatkan keuntungan maksimal, Anda bisa menggunakan kedua kartu kredit untuk jenis transaksi yang berbeda-beda.

Pada umumnya, promo yang ditawarkan kartu kredit tidak selalu ada sepanjang tahun. Di sisi lain, Anda harus membayar tagihan bulanan serta iuran tahunan.  Oleh karena itu, Anda tetap harus mencermati keuntungan jangka panjang apa saja yang dimiliki setiap kartu kredit.  

Sumber : Smart Money

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com