Advertorial

Cara-cara Mudah untuk Bayar Iuran JKN-KIS BPJS Kesehatan

Kompas.com - 12/05/2017, 15:14 WIB

Kehadiran Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dari BPJS Kesehatan mulai banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Indonesia. Makanya, banyak masyarakat Indonesia yang mulai melirik layanan kesehatan yang dibuat oleh pemerintah ini.

Proses pembayaran iurannya pun kini semakin mudah. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kini menyediakan beberapa kanal untuk melakukan pembayaran iuran JKN-KIS dari masyarakat seperti ATM, KlikBCA Individu, dan KlikBCA Bisnis.

Berikut ini langkah-langkah pembayaran iuran JKN-KIS dari masing-masing kanal tersebut. Jika melalui ATM BCA, pilih menu Transaksi Lainnya, kemudian Pembayaran. Pindah ke layar berikutnya dan pilih BPJS. Pilih jenis BPJS yaitu BPJS Kesehatan. Kemudian, masukkan nomor bayar BPJS Kesehatan, lakukan konfirmasi data dan pembayaran. Bukti transaksi berupa struk ATM akan Anda terima. 

Jika melalui KlikBCA Individu, pilih menu Pembayaran, pilih BPJS, jenis BPJS Kesehatan, dan masukkan nomor bayar. Pilih rekening sumber dana dan klik lanjutkan. Lakukan konfirmasi data dan pembayaran, masukkan respon KeyBCA Appli 1, klik kirim. Transaksi selesai, dan bukti transaksi akan muncul.

Sementara jika melalui KlikBCA Bisnis, pertama-tamaharus mendaftarkan nomor bayar BPJS Kesehatan di KlikBCA Bisnis. Masuk ke halaman KlikBCA Bisnis, pilih menu Pembayaran Tagihan, pilih Daftar Pembayaran, klik tombol tambah.

Kemudian, pilih jenis BPJS, institusi BPJS Kesehatan, klik tombol lanjut. Masukkan nomor bayar perusahaan. Isi kolom keterangan, klik tombol lanjut. Setelah itu, konfirmasi daftar pembayaran, klik tombol kirim.

Jika sudah melakukan pendaftaran, selanjutnya lakukan pembayaran dengan langkah berikut.

Pada halaman KlikBCA Bisnis, pilih menu Pembayaran Tagihan. Pilih menu Buat Pembayaran Tagihan, klik Pembayaran Tagihan. 

Setelah itu,pilih pembayaran sesuai keterangan yang telah diisi, pilih rekening sumber dana, pilih jenis pembayaran, klik tombol lanjut. Lakukan konfirmasi data pembayaran, klik tombol kirim. Kemudian KlikBCA Bisnis akan meminta otorisasi transaksi oleh approver (jika ada) dan otorisasi transaksi oleh releaser. Transaksi selesai, dan KlikBCA Bisnis akan memberi bukti transaksi untuk disimpan.

Melalui kanal-kanal tersebut, tentu kegiatan pembayaran iuran JKN-KIS jadi lebih fleksibel, kapan saja dan di mana saja. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com