Advertorial

Pelajaran Berharga dari Miliuner Muda John Rampton

Kompas.com - 12/05/2017, 17:24 WIB

Kenal sosok John Rampton? Ia adalah seorang wirausaha muda, investor, serta penggiat bisnis start-up dan pemasaran online. John, di usia yang masih muda, sudah berhasil mencapai puncak kesuksesan dan kini salah satu menjadi miliuner.

Prestasi-prestasi dan kesuksesan dalam hidupnya tidak didapat begitu saja. Ada upaya keras yang ia lakukan dan pastinya juga cerita-cerita menarik. Mengutip dari Inc-Asean, ada beberapa pelajaran berharga yang dapat diadopsi oleh anak-anak muda agar bisa mencapai kesuksesan. Apa saja?

Disiplin dan punya prioritas

Sebelum memasuki usia 30 tahun John sudah tahu pasti apa yang diinginkannya dalam hidup. Ia sudah punya rencana-rencana dan menyusunnya berdasarkan prioritas. Ia juga disiplin dan sangat berkomitmen terhadap rencananya tersebut. Hal ini patut ditiru oleh anak-anak muda lainnya.

Punya target untuk meningkatkan pendapatan

Menurut John kesuksesan di usia muda juga bisa didapat jika fokus meningkatkan pendapatan. Misal, punya target untuk punya penghasilan Rp 100 juta sebulan dalam lima tahun ke depan. Jika sudah punya target hidup akan lebih terarah. Selain itu John juga menyarankan anak muda agar selalu membuka diri terhadap berbagai kesempatan.

Berpikir maju

Selalu mau belajar, ingin menjadi lebih baik, dan tidak mudah menyerah. Gunakan media seperti buku atau internet untuk belajar. Jangan ragu untuk bertukar pikiran dan berdiskusi mengenai kekurangan diri. Penilaian dari orang lain akan membantu Anda memperbaiki diri.

Miliki beberapa sumber pendapatan

Thomas C Corley, seorang miliuner bilang bahwa 65 persen orang kaya punya beberapa sumber pendapatan. Bila ada satu sumber pendapatan turun, lainnya bisa menyelamatkan.

Membagi pendapatan dengan rasio 50:20:30

Perencanaan keuangan juga menjadi kunci sukses. Bagi pendapatan menjadi tiga. Sebanyak 50 persen untuk biaya hidup, 20 persen untuk tabungan atau cicilan utang. Sebesar 30 persennya lagi untuk membayar kebutuhan pribadi seperti telepon dan internet, olahraga atau jalan-jalan.

Tidak mudah membongkar tabungan

Alasan utama menyimpan uang adalah investasi. Karena itu, orang yang sukses di usia muda adalah orang yang tidak mudah membuka tabungannya. Memang  awalnya terasa susah tetapi jika biasa disiplin hasilnya dapat dinikmati di kemudian hari.

Kelola stres

Punya target boleh, tetapi jangan sampai membuat diri stres. Kelola kesehatan pikiran dan suasana hati. Anda masih boleh berekreasi dan menikmati hidup. Fleksibel saja. John mengatakan produktivitas akan muncul kalau diri bebas dari stres. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com