Advertorial

Tips Sukses Jalankan Bisnis Kuliner (Bagian 1)

Kompas.com - 12/05/2017, 20:07 WIB

Bisnis kuliner merupakan salah satu jenis bisnis yang paling banyak diminati masyarakat, terutama kalangan perempuan yang ingin berwirausaha. Namun, mendirikan serta mengelola sebuah restoran tidak hanya memakan biaya, tenaga, dan waktu, tetapi juga membutuhkan perhatian penuh.

Jika Anda tertarik untuk menjalankan bisnis kuliner, entah itu rumah makan sederhana atau restoran besar, pastikan Anda memiliki keinginan untuk terlibat secara langsung.  Sebab, kunci kesuksesan dalam berbisnis terletak pada strategi yang diterapkan.

Berikut adalah beberapa tips menjalankan bisnis kuliner yang bisa Anda terapkan.

  • Jangan perlihatkan harga menu

Hindari menaruh informasi harga di daftar menu. Dengan begitu, pengunjung akan lebih mudah mengeluarkan uang tanpa perhitungan untuk menikmati hidangan Anda. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan Cornell University School of Hotel Administration, pengunjung yang diberi menu tanpa harga cenderung mengeluarkan uang lebih banyak ketimbang pengunjung yang mendapatkan menu lengkap dengan informasi harga.

  • Pilih harga genap

Harga bisa memberikan pengaruh terhadap psikologi seseorang. Jadi, usahakan Anda memasang harga genap untuk setiap makanan maupun minuman. Misalnya, ketimbang menaruh harga ganjil, seperti Rp 20.900, pilihlah harga genap, yaitu Rp 20.500.

Selain memberikan kesan lebih “bersahabat”, harga genap tersebut juga diyakini mampu mengalihkan pikiran pengunjung dari harga ke kualitas. Ditambah lagi, proses penghitungan dan pemberian uang kembalian akan menjadi jauh lebih mudah.

  • Lebih deskriptif lebih baik

Para peneliti dari Cornell University School of Hotel Administration mengungkapkan, menu yang dilengkapi dengan penjelasan atau penggambaran yang menarik dan unik akan meningkatkan ketertarikan serta memberikan pengalaman sensorik kepada pengunjung. Hal itu didukung dengan hasil riset dari University of Illinois at Urbana-Champaign yang menunjukkan bahwa menu yang deskriptif mampu mendongkrak penjualan hingga 27 persen.

Bersambung: Tips Sukses Jalankan Bisnis Kuliner (Bagian 2)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com