Pahami Lebih Dalam Keajaiban Stem Cell - Kompas.com
Advertorial

Pahami Lebih Dalam Keajaiban Stem Cell

Kompas.com - 15/05/2017, 14:21 WIB
-

Apa itu Stem Sel?

Stem sel dalam bahasa mandarin berasal dari kata “pohon”, “batang” dan “sumber”, artinya stem sel sama seperti batang pohon yang dapat tumbuh cabang, daun, berbunga dan berbuah. Oleh karena itu,ilmuan menamakannya sebagai stem sel. Stem sel adalah sel primitif yang memiliki kemampuan memperbaru dan potensi untuk berdiferensiasi, merupakan sel yang bersumber dari tubuh, dalam keadaan tertentu dapat berdiferensiasi menjadi berbagai fungsi jaringan sel maupun organ, dalam dunia medis disebut sebagai “sel multi-fungsi”

Apa itu regenerasi sel induk?

Proses regenerasi stem sel adalah transplantasi dengan menggunakan sel induk tubuh sendiri, dapat dikatakan stem sel atau sel induk dapat ditanamkan ke berbagai organ tubuh yang sakit, untuk mencapai keefektifan pengobatan penyakit kronis.

Prinsip regenerasi sel induk

Konsep regeneratif kedokteran berasal dari binatang lintah, kadal dan cicak, binatang-binatang tersebut tidak hanya mempunyai kemampuan regeneratif sel induk, tetapi juga dapat mengaktifkan mekanisme pertumbuhan yang cepat, oleh karena itu setelah anggota tubuh maupun ekor terputus, sangat cepat tumbuh kembali.

Teknologi stem sel termasuk “teknologi regeneratif kedokteran”, yang paling bernilai adalah melalui pemisahan atau pengkloningan, pemeliharaan dan diferensiasi induksi di luar tubuh, dapat menciptakan jaringan,sel dan organ yang baru, muda, dan normal. Melalui teknologi transplantasi khusus, memasukkannya ke dalam tubuh untuk menggantikan sel yang rusak maupun yang tidak normal, membawa perubahan dan harapan kepada penderita penyakit kronis yang susah diobati. 

Proses pengobatan stem sel di St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou:

  1. Pengambilan sumsum tulang dari tubuh pasien
  2. Pemisahan, pemeliharaan dan pengembang biakan sel induk di luar tubuh
  3. Kemudian stem sel dimasukkan ke hati pasien
  4. Stem sel akan bekerja di dalam hati dan berdiferensiasi menjadi sel hati yang baru

Faktor-faktor yang menentukan hasil pengobatan stem sel:

  1. Faktor kualitas sel induk. Cara pengkloningan yang sederhana dan pemasukan kembali pada tubuh pasien dari stem sel yang diambil dari darah atau sumsum tulang, pada umumnya tidak ada hasil yang efektif. Stem sel yang digunakan oleh St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou adalah menggunakan teknologi khusus untuk pengkloningan dan perkembangbiakan sel.
  2. Cara implan atau pemasukkan stem sel ke tubuh pasien. St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou menggunakan cara transarterial intercurent melalui pembuluh arteri hati. Sekarang ini di Internasional juga ada yang melalui pembuluh darah vena. Tetapi karena kami berpikir bahwa pembuluh arteri hati berfungsi sebagai pemasok nutrisi, sehingga hasil akan lebih efektif.
  3. Periode pengobatan. Kami pikir harus berdasarkan kondisi pasien untuk menentukan periode pengobatan, tetapi untuk menghemat biaya pengobatan dengan hasil pengobatan yang tetap terjamin harus dipertimbangkan secara menyeluruh. 

-

Penerapan atau aplikasi klinis

Sekarang ini dalam dunia Internasional pengobatan stem sel banyak diterapkan pada pengobatan diabetes tipe 1 dan 2, sirosis hati, penyakit hati yang sudah parah, sindroma ginjal, radang lupus ginjal, penyakit tulang, otot tidak bertenaga, fungsi kelamin pria yang tidak normal, penyakit sekitar pembuluh darah, dan penyakit lain yang tidak dapat pengobatan dengan cara biasa.

Apakah Anda pasien Diabetes, Sirosis Hati, Penurunan fungsi ginjal, Parkinson, Paska Stroke dan ingin menanyakan peluang keberhasilan pengobatan stem cell?  Konsultasikan keluhan Anda di sini atau call center kami +62812 978 978 59

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM