Advertorial

Apa yang Harus Disiapkan untuk Sambut Kelahiran Si Kecil?

Kompas.com - 15/05/2017, 14:24 WIB

Ketika hari perkiraan kelahiran sudah diketahui setiap ibu hamil pastinya semakin tidak sabar menanti kelahiran buah hati yang dikandungnya. Ingin rasanya segera mendengar suara tangisan si kecil, memeluk dan menggendongnya, atau mengganti popoknya. Hidup rasanya lebih lengkap dan suasana rumah pun akan terasa lebih hidup dengan kehadiran bayi kecil.

Namun, banyak ibu hamil, terutama yang baru merasakan kehamilan pertama, seringkali juga merasa kebingungan. Perlengkapan apa yang perlu dibeli agar si kecil nyaman dan terpenuhi kebutuhannya ketika ia hadir di tengah keluarga? Selain itu kapan waktu yang paling tepat untuk berbelanja perlengkapan-perlengkapan tersebut?

Ibu sebaiknya cermat saat berbelanja perlengkapan untuk bayinya yang baru lahir. Jangan lapar mata sehingga membeli barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Coba buat daftar perlengkapan dan peralatan yang prioritas terlebih dahulu.

Perlengkapan yang harus diutamakan ibu untuk dibeli adalah pakaian untuk bayinya. Sebaiknya ibu sudah siap dengan pakaian lengan pendek untuk siang hari, pakaian lengan panjang untuk malam hari, dan jumper. Pilih pakaian yang terbuat dari bahan katun atau kaos agar si kecil tetap nyaman.

Satu lagi yang tak kalah penting adalah popok. Bayi yang baru lahir intensitas buang air besar dan buang air kecilnya lebih sering. Jika memilih menggunakan popok kain, para ibu setidaknya harus menyediakan selusin popok untuk ganti dan sabun khusus untuk mencucinya. Namun, jika ingin lebih praktis gunakan saja popok sekali pakai.

Bayi juga butuh kehangatan. Oleh karena itu penting juga untuk menyiapkan kain bedong bayi, sarung tangan dan kaki, serta kain gurita bayi. Jangan lupa untuk membeli selimut, bantal, hingga perlengkapan dan peralatan mandi bayi.

Barang-barang lain yang harus masuk daftar prioritas belanja adalah botol susu dan pompa ASI. Setelah semua perlengkapan tersebut sudah dibeli, ibu boleh mulai mencicil membeli boks bayi, kelambu, verlak, dan lain-lain.

Ibu yang akan melahirkan juga tidak boleh melupakan dirinya. Setelah melahirkan ibu akan memerlukan banyak perlengkapan juga. Mulai dari  breastpad, pembalut untuk ibu bersalin, kain gurita, dan bra khusus untuk ibu menyusui.

Memang banyak ibu yang enggan berbelanja perlengkapan-perlengkapan bayi sebelum usia kandungan mencapai tujuh bulan karena mitos-mitos seputar ibu hamil yang dipercaya.  Selain itu memang karena ingin lebih yakin dengan jenis kelamin bayi agar bisa menyesuaikan warna dominan perlengkapan-perlengkapan yang akan dibeli.

Namun sebenarnya belanja perlengkapan-perlengkapan tersebut bisa dilakukan kapan saja. Anda dapat menyicil belanja sejak usia kehamilan empat bulan atau mendekati tanggal kelahiran. Tinggal atur saja dan sesuaikan dengan ketersediaan budget karena saat ini belanja perlengkapan untuk bayi baru lahir sangat mudah.

Cukup kunjungi situs jual beli online Tokopedia yang menyediakan beragam jenis perlengkapan bayi baru lahir dari merek-merek terpercaya. Berkunjung ke situs Tokopedia Anda juga dapat menemukan perlengkapan untuk ibu yang baru saja melahirkan. 

Tidak hanya itu, banyak juga koleksi baju hamil yang dapat Anda pilih. Ingat pada usia kehamilan empat sampai enam bulan, lingkar pinggang ibu hamil akan cepat bertambah besar sehingga akan memerlukan membeli banyak stok baju hamil.  

Mempersiapkan kehamilan dan kelahiran si kecil dimulai dari Tokopedia. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com