Advertorial

Tempat-tempat Ini Akan Menunjukkan Kalau Anda Sedang Berada di Sydney

Kompas.com - 17/05/2017, 08:00 WIB

Bagi para pelancong, hal yang tidak boleh dilewatkan ketika berwisata ke sebuah kota adalah mengunjungi tempat-tempat yang menjadi ikon kota tersebut. Apalagi ketika kali tersebut adalah pertama kalinya.

Biasanya ikon tersebut berupa bangunan yang menjadi landmark karena memiliki nilai, apakah itu dari sejarahnya ataupun arsitekturnya yang unik. Sebut saja Paris dengan Menara Eiffelnya, Roma dengan Colosseumnya, Kuala Lumpur dengan Menara Kembar Petronasnya, dan tentu saja tidak ketinggalan, Jakarta dengan Tugu Monasnya.

Walaupun Cuma sekedar berswafoto ataupun update lokasi di sosial media, mengunjungi tempat-tempat ini menjadi bukti kalau mereka sudah “resmi” berwisata di kota tersebut.

Bagaimana dengan Sydney? Tentu saja ada Opera House. Bangunan unik dengan atap berbentuk sirip ikan hiu itu sudah menjadi ikon Sydney dan Australia sejak diresmikan pada tahun 1973. Dipadukan dengan Circular Quay, Pelabuhan Sydney yang terkenal fotogenic, bangunan yang didesain oleh Arsitek asal Denmark Jorn Utzon ini masih menjadi “bukti” kalau Anda berada di Sydney.

Namun melansir dari Golden Rama Tour & Travel, biro perjalanan yang berpengalaman membawa wisatawan ke Australia, terdapat beberapa tempat lainnya yang tidak kalah terkenal dengan bangunan Opera House. Ada beberapa tempat lainnya yang bisa “menunjukkan” bahwa Anda berada di Negara Kanguru.

Sydney Harbour Bridge

Sama seperti Opera House, Sydney Harbour Bridge jugaberada di area Pelabuhan Sydney dan dianggap sebagai ikon Australia. Jembatan megah yang diresmikan pada tahun 1932 ini desainnya memang seperti gantungan baju, sehingga terkenal juga dengan sebutan “The Coathangger”.

Pengerjaannya sendiri dimulai dari tahun 1924, dengan 1.400 pekerja yang membangunnya selama 8 tahun. Dengan 53 ribu ton baja, Sydney Harbour Bridge menjadi jembatan lengkung terbesar di dunia.

Selain menjadi ikon, bangunan ini juga menarik wisatawan untuk menikmatinya dengan berbagai cara. Mulai dari hanya dengan berjalan kaki, bersepeda, menikmati matahari terbit dan terbenam, sampai naik ke puncak The Pylon Lookout, menara di ujung jembatan untuk mendapatkan pemandangan terbaik Pelabuhan Sydney.

The Rocks

The Rocks menjadi salah satu kawasan yang paling tua di Sydney, paling populer, dan juga kepingan sejarah zaman kolonial Australia pada tahun 1800. Berdasarkan sejarahnya, tempat ini merupakan perkampungan pertama yang dibangun oleh narapidana buangan Inggris di Australia.

Di tempat ini wisatawan bisa mendapatkan pengalaman sejarah tentang sisi gelap kota Sydney di era permulaan dengan mengunjungi Museum Justice and Police. Bangunan yang dulunya merupakan gedung pengadilan yang mengadili para penjahat dari kawasan tepi laut yang gaduh di Sydney, lengkap dengan sel-sel tahanan kuno tahun 1890-an.

Tapi jangan khawatir, kawasan ini sama sekali tidak ada kesan horror seperti sejarah awalnya. Perkampungan ini telah mendapat proses modernisasi sehingga tampak indah dan luar biasa dengan berbagai café, restaurant dan toko cinderamata dalam jajaran bangunan kuno elit. Beberapa pub tertua di Sydney juga dapat ditemukan di sini.

Mrs Macquaries’s Point

Tempat yang berada di semenanjung sebelah timur laut Farm Cove dan merupakan bagian dari Royal Botanic Garden. Nama Mrs Macquaries Point diambil dari nama istri Gubernur Lachlan Macquarie.

Pada ujung semenanjung, terdapat Sebuah bangku di ruang terbuka yang terbuat dari batu yang dinamakan Mrs Macquarie's Chair. Pada batu tersebut terukir penjelasan tentang Mrs Macquaries’s Road yang dibangun antara tahun 1813 dan 1818 dari Goverment House ke Mrs Macquarie’s Point.

Berdasarkan folklornya, Gubernur Macqurie membangun jalan dan bangku batu tersebut untuk istrinya yang suka memandangi kapal-kapal yang datang dari Inggris Raya. Sekarang, tempat ini menjadi tempat terbaik untuk mendapatkan pemandangan Opera House, Sydney Harbour Bridge, dan pemandangan kota Sydney.

Selain tiga tempat ini, sebetulnya masih terdapat beberapa tempat lainnya yang tidak kalah menarik. Baik di Sydney ataupun tempat lainnya di Australia. Kalau Anda yang berencana untuk pelesiran ke Negeri Kangguru ini, Anda bisa ikut serta paket perjalanan Golden Rama ke Australia.  Cek rencana perjalanannya di sini.

Golden Rama Tours & Travel hadir sebagai pintu gerbang Anda menuju destinasi yang luar biasa.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com