Advertorial

Ini Nilai Plus “Smartphone” Dual Kamera untuk Pengguna Instagram

Kompas.com - 17/05/2017, 18:23 WIB

Sehabis memantau akun fotografi traveling dan tagar #exploreindonesia atau #livefolk, sesama pengguna Instagram pasti pernah bertanya-tanya dan menduga-duga, “Dia pakai kamera apa, sih?” atau “Kameranya pasti mahal, nih.”

Padahal, foto bagus yang “Instagramable” tak selalu berasal dari kamera mahal. Banyak foto bagus dihasilkan dari kamera ponsel. Pasalnya saat ini semakin banyak smartphone yang dilengkapi dengan kamera beresolusi tinggi berteknologi canggih.

Ditambah lagi, produsen ponsel pintar kini tengah menjajal tren teknologi dual kamera atau kamera ganda. Coolpad misalnya, baru saja meluncurkan Cool Dual, smartphone yang memiliki dua kamera belakang. Produk ini resmi hadir di Indonesia pada Kamis (27/4/2017) lalu.

Masing-masing kamera tersebut beresolusi 13+13 megapiksel. Kedua kamera tersebut dapat memotret objek dengan kecepatan auto fokus 0,1 detik.  

Meskipun resolusinya sama, kedua kamera itu punya fungsi yang berbeda. Yang satu merupakan kamera RGB (Red Green Blue). Fungsinya menghasilkan warna pada gambar.

Sementara yang lainnya adalah kamera monokrom (hitam-putih). Lensa monokrom membantu lensa RGB menangkap detail gambar, sambil menyerap lebih banyak cahaya, khususnya dalam kondisi minim cahaya.

Hasil jepretan kedua kamera tersebut lantas disatukan ke dalam satu gambar final untuk meningkatkan kualitas.

Teknologi dual kamera 2.0 pada Cool Dual meningkatkan kejelasan pada gambar sampai 20 persen. Selain itu, mampu membantu mengurangi noise pada gambar sebesar 8 persen dan meningkatkan kecerahan sampai 20 persen.

Teknologi dual kamera ini juga punya fitur yang pasti disukai para pengguna Instagram, yaitu efek bokeh. Layaknya kamera profesional, kamera smartphone ini dapat menghasilkan foto yang fokus pada objek berlatar belakang buram.

Sementara untuk selfie, Cool Dual dilengkapi dengan kamera depan beresolusi 8 megapiksel dengan arsitektur PureCel pixel f/2.2. Kamera ini mampu menjadikan foto selfie terlihat terang dan detail.

Tidak hanya itu, pengguna juga bisa mempermanis foto selfie-nya dengan stiker-stiker menggemaskan.  Ponsel ini juga memungkinkan pengguna mengkreasikan foto selfie dalam format GIF. 

KOMPAS.com/Oik Yusuf Coolpad Cool Dual

Performa

Jika bicara soal performa, Cool Dual didukung dengan prosesor Snapdragon 652 1.8GHz Octa-core serta Adreno 510 dan RAM 3 GB. Dengan spesifikasi seperti ini, dipastikan kinerja smartphone tidak melemah saat menjalankan aplikasi standar dan games.

Smartphone ini menggunakan sistem operasi Android “Marshmallow” yang dipasangkan dengan tampilan antarmuka EUI 5.8. Pengoperasiannya menggunakan tombol kapasitif di sisi kiri bawah sehingga bisa membuka menu lebih cepat.

Daya tahan baterai

Bila smartphone digunakan saat bekerja, kumpul bareng sahabat, dan untuk posting foto di Instagram, sudah pasti masalah utamanya adalah daya tahan baterai. Namun pengguna Cool Dual mestinya tidak khawatir soal itu.

Sebab, smartphone ini didukung dengan baterai berkapasitas 4000mAh. Artinya, bisa Cool Dual bisa bertahan sampai 300 jam, bermain games sampai 24 jam, menonton film hingga 40 jam, dan mendengarkan musik selama 120 jam.

Bahkan, Cool Dual juga bisa berfungsi sebagai power bank. Coolpad memasukkan port USB Tipe-C untuk mengisi daya. Tipe ini membawa banyak manfaat pada ponsel. Pertama, desain jadi lebih  ramping dan anti terbalik. Kedua, USB Tipe-C dapat mengisi daya serta memindahkan data dengan lebih cepat.

Smartphone multifungsi dengan kamera terbaik

Dengan spesifikasi tersebut, Cool Dual dapat dikatakan sebagai smartphone multifungsi yang mampu memenuhi setiap kebutuhan dengan teknologi dual kamera terbaik.

Artinya, dengan smartphone multifungsi seharga Rp 3 jutaan ini, pengguna pun dapat merasakan pengalaman memotret setiap momen layaknya fotografer profesional. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com