Advertorial

Pada Umur Berapakah Rata-rata Kenaikan Gaji Terbesar?

Kompas.com - 18/05/2017, 11:23 WIB

Dalam karier, pendapatan karyawan atau gaji adalah hal yang seharusnya berbanding lurus dengan pengalaman kerja dan jabatan. Namun perbandingannya tidak selalu berbarengan.

Tidak jarang diperlukan negosiasi untuk mendapatkan kenaikan gaji yang sesuai. Semakin panjang dan lama pengalaman, posisi tawar semakin kuat. Namun apabila tidak memiliki banyak pengalaman, biasanya Anda hanya akan menjadi pihak yang menerima.

Pertanyaannya, pada umur berapakah rata-rata kenaikan gaji terbesar?

Berdasarkan hasil studi The Economist, kenaikan gaji terbesar seorang karyawan biasanya terjadi pada 10 tahun awal kariernya. Hal tersebut dilihat dari catatan historis rata-rata gaji mulai 1957, 1967, 1977 dan 1983.

Dari Hasil studi menunjukkan, kenaikan gaji terbesar seorang pekerja terjadi pada kategori umur sekitar 25 tahun. Jadi apabila Anda saat ini Anda sedang negosiasi kenaikan gaji, hal tersebut sebenarnya sah-sah saja.

Ada beberapa trik agar negosiasi gaji berhasil. Salah satunya adalah dengan fokus menyebutkan target yang ingin kamu raih. Langkah ini adalah langkah paling mudah dan bisa tergambar dari gerak tubuhmu.

Namun sebaiknya sebelum melakukan negosiasi, Anda melakukan survei terlebih dahulu. Dengan demikian perusahaan bisa menerima dan memahami bahwa gaji yang kamu minta memang sudah sesuai rata-rata industri.

Selain itu Anda juga harus fokus menceritakan kesuksesan yang telah diraih. Hal Ini bisa menjadi alasan kuat bagimu dan menjadi pertimbangan mendasar bagi perusahaan.

Sumber: smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com