Advertorial

Perlukah Wanita Memiliki Rumah Sebelum Menikah?

Kompas.com - 18/05/2017, 14:58 WIB

Memiliki rumah adalah tujuan keuangan besar bagi sebagian kalangan. Apalagi, rumah juga dapat menjadi instrumen investasi yang menjanjikan. Bayangkan, kenaikan investasi properti bisa mencapai 10% per tahun, bahkan lebih. 

Karena itu, memiliki rumah banyak menjadi prioritas sebelum harganya terus melambung. Sayangnya, sebagian besar orang memikirkan punya rumah setelah menikah. 

Harapannya, uang muka dan cicilan bisa ditanggung berdua. Dalam tulisan ini kita akan menyorot mengenai bila seorang wanita bekerja namun belum menikah ingin memiliki rumah sendiri. Apakah hal ini juga sama pentingnya? 

Atau sebaiknya menunda hingga menikah? Perencana Keuangan Pandji Harsanto menyebut, tak ada salahnya wanita belum menikah membeli rumah sendiri. Apalagi, jika memang kamu sudah memiliki kemampuan finansial yang mencukupi. 

Rumah bisa menjadi aset produktif yang harganya terus naik. Memiliki rumah, juga dapat menjadi salah satu tanda bahwa kamu mandiri secara finansial. Pandji melanjutkan seperti dikutip Okezone, wanita yang punya rumah sebelum menikah disarankan membuat perjanjian pra nikah. 

Dalam perjanjian tersebut, tuliskan bahwa rumahmu adalah harta bawaan sebelum menikah. Buat perjanjian ini di depan Notaris dan daftarkan pada Kantor Catatan Sipil (KUA) sebelum menikah. 

Sebab, setelah menikah, semua harta yang kamu dapatkan selama proses menikah adalah milik bersama. Meski di Indonesia masih jarang melakukan praktik ini, perjanjian pra nikah sebenarnya baik. 

Perjanjian ini akan melindungi harta masing-masing (calon istri dan suami) bila terjadi risiko cerai hidup maupun mati maupun wanprestasi. Bila ada risiko pembayaran utang atau hipotik, masing-masing pihak juga mendapatkan haknya. 

Setelah menikah dan berniat memiliki rumah bersama, kamu harus lebih berhitung. Memiliki dua cicilan tentu tidak mudah? Maka, konsultasikan hal tersebut bersama pasangan. Kalau kamu siap membayar dua cicilan rumah sekaligus, itu lebih baik.

http://smart-money.co/finansial/perlukah-wanita-memiliki-rumah-sebelum-menikah

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com