Advertorial

Gadai atau Jual? Pahami Perbedaannya Terlebih Dahulu (Bagian 2)

Kompas.com - 18/05/2017, 15:20 WIB

Namun, ada juga orang yang menjual barang belum tentu karena perlu uang cepat. Bisa jadi karena merasa tak lagi butuh barang tersebut.

Hanya saja, kalau kondisi memang betul-betul butuh uang dan tak ada dana lagi untuk bayar biaya gadai, Rakhmi menyarankan lebih baik untuk jual barang. Sebab, menjual barang tidak kena bunga dan biaya lain.

Pada dasarnya, hampir semua barang bisa dijual atau digadaikan. Tapi, Eko berpendapat, karena sifatnya mendesak, maka yang bisa dijual atau digadaikan adalah barang-barang yang bersifat likuid atau mudah menjadi tunai.

Sebaiknya, Rakhmi melanjutkan, barang-barang yang digadaikan adalah yang nilainya tidak turun.

“Sudah turun tapi tetap harus ditebus dengan harga lama. Kita juga harus bayar biaya administrasi tiap waktu. Rugi banyak kalau digadaikan,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, dalam menggadaikan barang jangka pinjaman pun jangan terlalu lama. Kalau terlalu lama, biaya gadai bisa membengkak. Eko juga menyarankan sebaiknya jatuh tempo pinjaman maksimal tiga bulan, tak lebih.

Sebagai informasi, jangka pinjaman di PT Pegadaian paling lama 120 hari atau empat bulan, tapi bisa diperpanjang. Tarif sewa modal atau bunga per 15 hari besarannya tergantung uang pinjaman. Misalnya, uang pinjaman Rp 1 juta dipungut bunga 1,15 persen.

Meski demikian, baik gadai maupun jual sama-sama punya kelebihan dan kekurangan. Kelebihan menjual barang adalah bisa mendapat harga maksimal dan tidak kena bunga tapi barang langsung hilang.

“Kalau gadai kebalikan jual. Barang tak hilang tetapi harga tidak maksimal, karena biasanya pihak pegadaian menilai tidak 100 persen dari harga pasar,” ungkap Eko.

Rakhmi juga menyatakan, dengan menjual barang berarti kamu tak perlu pusing membayar bunga atau uang untuk menebusnya.

“Cuma, menjual barang bisa jadi prosesnya lama, menunggu ada yang minat dulu,” tambah Rakhmi.

Kalau menggadaikan barang, lanjutnya, prosesnya cepat. Tak sampai satu jam, uang bisa cair selama barangnya layak gadai.

PT Pegadaian menjanjikan proses pencairan dana kurang lebih selama 15 menit saja. jadi, buat pertimbangkan yang matang sebelum gadai atau jual barang.

Sumber: smart-money

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com