Advertorial

Kerja Keras dan Tak Pernah Cuti Selama 27 Tahun, Wanita Ini Capai Puncak Karier

Kompas.com - 18/05/2017, 15:30 WIB

Dong Minzhu baru-baru ini masuk ke dalam daftar 100 wanita paling sukses versi Forbes China. Wanita berusia 61 tahun itu merupakan pemimpin di perusahaan AC Gree yang kini memiliki nilai 22 miliar dollar AS (Rp292,6 triliun).

Pencapaiannya tersebut tidak diperoleh dengan seketika. Budaya bekerja keras tanpa kenal lelah dan libur bahkan sudah menjadi kebiasaan. Terlihat dari konsistensi Minzhu yang terhitung tidak pernah libur selama 27 tahun bekerja.

Dikutip dari Enterpreneur, Ketika memulai kariernya, Minzhu tenar dengan sebutan Sister Dong bukanlah siapa-siapa. Pada 1990, posisi Minzhu hanya seorang sales.

Bahkan ketika memulai karier di Gree, Minzhu adalah seorang janda beranak satu. Suaminya meninggal pada 1984. Namun, ia terus memotivasi diri untuk terus naik kelas.

Ada sebuah rumor yang beredar di negeri kelahirannya berada, Kalau Minzhu meninggalkan anaknya bersama neneknya untuk berkarier. Ia dikabarkan pernah meninggalkan anaknya di bandara dan menyuruhnya pulang menggunakan bis. Alasannya, dia harus bekerja.

Namun, kerja keras dan dedikasinya terbayar. Gree memperoleh pendapatan sebesar 12 miliar dollar AS per tahun (Rp159,6 triliun). Hingga 27 tahun bekerja, Minzhu berhasil membuat Gree menjadi merek AC terbesar di Tiongkok, bahkan dunia.

Di Tiongkok saja, dua dari lima AC yang terjual adalah Gree.

New York Times juga pernah memberi ulasan mengenai kesuksesan Minzhu dan menyebutnya sebagai pengusaha wanita paling kuat yang memimpin 70 ribu karyawan.

Tidak haya itu, The Telegraph juga menobatkan Minzhu sebagai wanita kuat yang bisa melakukan semua hal sendiri.

"Kalau ia berjalan, tak ada rumput tumbuh. Kalau ia ingin mengunyahmu, kamu pasti sudah menjadi tulang," begitu ulasannya.

Sumber: smart-money

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com