Advertorial

Perjalanan 10 Tahun Yamaha Vixion Menjadi Sahabat Para Biker

Kompas.com - 23/05/2017, 13:08 WIB

Tahun ini merupakan tahun ke-10 sejak awal diluncurkannya Vixion, motor dengan jenis sport dari Yamaha. Memang dari awal kemunculannya, naked bike bermesin 150 cc langsung “meledak” di masyarakat.

Selama satu dekade ini, berbagai penghargaan berhasil disabet oleh Vixion. Dari angka penjualannya pun sudah mencapai angka yang fantastis, yaitu 2,5 juta unit. Angka ini menegaskan reputasi Vixion sebagai motor yang paling diminati di kelasnya.

Dari awal kemunculannya, Vixion memang sudah tampil fenomenal. Sebagai motor pertama yang memopulerkan mesin dengan sistem injeksi, Vixion membuat kelas 150 cc yang awalnya sepi peminat menjadi ramai.

Memang tampilan sport dari Vixion memberikan angin baru bagi para biker. Perpaduan antara rangka Delta Box, naked (tanpa fairing), dan mesin 150 cc ini membuatVixion menjadi motor yang tangguh dan nyaman mulai dari kegiatan sehari-hari sampai perjalanan jauh (touring).

Tidak heran, banyak pengendara yang merasa “kekecilan” dengan motor bebek akhirnya pindah ke kelas 150 cc ini.

Empat generasi Yamaha Vixion

Sejak awal diluncurkan Yamaha tentu saja terus memperbaharui teknologi dan tampilan dari Vixion. Selama satu dekade ini terhitung sudah ada empat generasi Vixion, yaitu generasi pertama (2007) dengan nama Vixion, generasi ke-2 (2010) dengan nama New Vixion, generasi ke-3 (2012) dengan nama New Vixion Lightning, kemudian generasi ke-4 (2015) dengan nama New Vixion Advance.

Setiap generasi perbedaannya beragam. Generasi pertama Vixion ini identik dengan lampu depan berbentuk bulat dan rangka Delta Box berwarna silver, sedangkan pada New Vixion, facelift dilakukan pada lampu depan menjadi lebih runcing sehingga mendapatkan kesan futuristik. Tabung suspensi bagian depan dan rangka Delta Box-nya pun didesain dengan warna hitam, sehingga mendapatkan kesan yang lebih tegas.

Pada generasi ke-3, New Vixion Lightning mengalami banyak perubahan. Mulai dari kunci kontak yang berada di tangki, ban gembot, sistem rem cakram pada roda belakang, speedometer dengan desain digital, dan berbagai aksesori resmi tambahan.

Tidak hanya itu, generasi ke-3 ini sudah menggunakan mesin yang berkode 1PA yang bisa menghasilkan daya maksimum 16,59 PS (12.2 kW) per 8.500 rpm.

Kemudian, pada generasi ke-4, facelift kembali dilakukan pada bagian lampu depan, spakbor belakang yang lebih pendek, serta engine cowl bawaan. Pada bagian mesinya, Yamaha mengklaim bahwa mesin NVA ini sudah lolos uji emisi standar EURO 3.

Geenerasi ke-5, All New Vixion

Tahun ini Yamaha kembali memperbaharui teknologi dan tampilan motor sport legendarisnya tersebut. Diluncurkan di International Motor Show (IIMS) 2017 di Kemayoran, Jakarta Pusat, generasi ke-5 ini hadir dalam dua varian: All New Vixion dan All New Vixion R.

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, cukup banyak pembaharuan yang diberikan Yamaha pada All New Vixion dan All New Vixion R.

Pada sisi mesin All New Vixion menyajikan mesin baru, yaitu mesin 150cc LC4V yang bertenaga dan responsif. Keunggulan utama dari mesin ini adalah fitur Assist yang membuat pengoperasian kopling menjadi lebih ringan, dan fitur Slipper Clutch membuat perpindahan gigi lebih halus sehingga akselerasi semakin cepat.

Mesin yang menjanjikan ketahanan ini juga didukung dengan teknologi DiASil Cylinder dan Forged Piston. Teknologi ini membuat daya tahan mesin All New Vixion menjadi 3 kali lebih awet, 3 kali lebih kuat dan 3 kali lebih ringan.

Teknologi lampu depan dan belakang sudah berteknologi LED membuat pencahayaan yang lebih terang. Tidak hanya itu, All New Vixion juga dilengkapi dengan lampu hazard yang berfungsi untuk memberi sinyal kondisi darurat pada pengendara lain, pass beam yang praktis memberi tanda lampu jauh kepada pengendara lain, dan engine cut off yang mempermudah mematikan mesin.

Tidak kalah penting, motor ini juga menyediakan jalur kabel pendukung USB charger yang berguna membantu mengisi daya gawai pengendara.

Pada sisi desain, All New Vixion dirancang untuk ramah bagi pengendara harian. Dilengkapi dengan removable mud guard terbaru, pengendara akan terlindung dari cipratan air saat berkendara di jalan basah atau di kondisi hujan. Mud guard ini dapat dilepas sesuai dengan kebutuhan pengendara.

Yamaha juga semakin memersonifikasikan kendaraan ini sebagai “seorang sahabat”. Teknologi speedometer digital baru membuat motor ini dapat menyapa Anda dengan sapaan humanis “hi buddy” sebelum Anda berkendara bersama.

Anda juga dapat mengubah sapaan ini menjadi nama Anda agar hubungan Anda dengan sahabat Anda ini terasa lebih intim.

Sedangkan pada All New Vixion R, perbedaan utama terletak pada engine. Motor ini menggunakan mesin yang sama digunakan pada All New R15, yaitu mesin 155cc 6 percepatan dengan teknologi VVA. Tenaganya lebih besar tetapi sangat irit bahan bakar.

Pada sisi desain, perbedaannya adalah speedometer digitalnya dilengkapi shift timing light. Dan tampilan yang lebih sporty karena bentuk muffler yang digunakan lebih pendek.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com