Advertorial

Apa Sih Enaknya “Touring” dengan Motor?

Kompas.com - 23/05/2017, 14:30 WIB

Banyak orang penasaran, apa, sih enaknya touring atau melakukan perjalanan wisata dengan motor? Bukannya itu sangat melelahkan? Naik motor untuk perjalanan dalam kota selama dua jam saja sudah pegal, apalagi touring ke luar kota?

Justru bagi mereka yang hobi touring menggunakan motor, rasa pegal selama perjalanan adalah sensasi yang menjadi bagian dari serunya perjalanan mereka. Rasa pegal tak menghambat mereka untuk terus menjelajahi kota lain, lagi dan lagi.

Ada sejumlah pengalaman yang hanya bisa didapatkan ketika touring  menggunakan motor. Pertama, para bikers bisa menikmati keindahan alam, merasakan udara dan angin malam dari setiap kota yang dilewati.

Saat touring, biker melewati berbagai daerah dan kota. Di situlah kesempatan untuk mengamati dan “mendekatkan diri” dengan kultur dan manusia yang ada di sana.

Misalnya saja Anda melewati sebuah pasar kue tradisional di sebuah kota pada pagi hari. Di sana Anda bisa mengamati bagaimana para warga lokal saling berinteraksi, bahkan jika sempat mungkin Anda bisa mencicipi satu atau dua butir kue khas kota tersebut. Pengalaman dan pengetahuan baru, bukan?

Kedua, ada solidaritas dan kebersamaan yang erat selama perjalanan touring. Saat touring, peserta tak mungkin merasa sendiri, sebab ada teman-teman dari komunitas yang terus mengiringi. Bukan sekadar berangkat bersama, tetapi juga saling membantu dan mengingatkan jika ada bahaya, seperti lubang di jalan, atau cuaca buruk.

Saat istirahat pun tak kalah seru. Para biker bisa menikmati camilan hangat sambil bersantai dan bercerita sampai bercanda. Semua berlangsung penuh keakraban.

Yang pasti, touring ke luar kota bisa menjadi pengalaman yang membekas di memori sampai tua nanti.

Namun sebelum mulai mencoba touring ke luar kota menggunakan motor, pastikan dulu Anda siap secara fisik. Kekuatan fisik sangat penting karena menyangkut daya tahan selama menempuh perjalanan ratusan kilometer.

Sebelum berangkat, lakukan olahraga rutin dan konsumsi banyak sayur dan buah-buahan. Selama perjalanan, pastikan ada waktu istirahat yang cukup selama perjalanan.

Setelah itu, pastikan motor yang Anda gunakan dalam kondisi prima supaya tak menyusahkan selama perjalanan.  Pastikan kondisi mesin, ban, lampu, rantai, sampai klakson baik. Jangan lupa bawa surat-surat kendaraan.

Bicara soal motor yang prima untuk touring, Yamaha All New Vixion R adalah pilihan yang tepat. Varian baru dari All New Vixion ini menggunakan mesin yang sama dengan All New R15, yakni mesin 155cc dan 6 percepatan  dengan teknologi VVA yang membuat tenaga mesin semakin besar tetapi irit bahan bakar.

All New Vixion R didesain sebagai motor yang kokoh, dengan rangka Deltabox dan new design aluminium rear arm yang membuat kestabilan berkendara terjaga. Jadi, tak khawatir motor goyah saat menerjang angin kencang selama touring.

Motor yang memang dirancang untuk perjalanan jauh ini tampak semakin gagah dan sporty dengan tapak ban belakang yang lebih lebar (130/70-17M/C 62P) serta desain pelek yang baru. Tak perlu ngeri mengemudi saat malam hari, sebab All New Vixion R memiliki lampu depan dan belakang LED serta dilengkapi lampu hazard.

Tak cuma mantap untuk touring, varian All New Vixion lainnya dirancang untuk perjalanan atau aktivitas sehari-hari. All New Vixion menggunakan mesin 150cc LC4V yang bertenaga dan responsif.

Motor ini unggul dengan fitur assist yang membuat pengoperasian kopling jadi lebih ringan, serta slipper clutch yang membuat perpindahan gigi jadi lebih halus, sehingga akselerasi lebih cepat.

Motor ini dilengkapi dengan teknologi DiASil Cylinder dan Forged Piston yang membuat daya tahan mesin 3 kali lebih awet, 3 kali lebih kuat dan 3 kali lebih ringan.

Langsung saja temukan jawaban atas pertanyaan “Apa sih enaknya touring dengan motor?”, dengan menjajal motor Yamaha All New Vixion R ke destinasi impian Anda!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com