Advertorial

The Master Camp 3 Berakhir, Anggi Setiawan Raih Podium Juara

Kompas.com - 26/05/2017, 11:21 WIB

Pembalap asal Indonesia Anggi Setiawan yang masih berusia 18 tahun berhasil meraih podium juara pada program The Master Camp 3.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Yamaha Indonesia, YMC, YMR dan VR46 Riders Academy. Selama mengikuti pelatihan balap di sini, saya mendapatkan banyak ilmu dan menjadi modal berharga dalam perjalanan karir balap saya," ujar Anggi.

Hari terakhir diawali dengan latihan flat-track untuk ketiga kalinya di trek VR46 Motor Ranch di Tavullia, Italia. Ini adalah trek yang dimiliki oleh Valentino Rossi.  Yang menarik, sesi ini betul-betul fokus mengasah dan meningkatkan teknik balap dengan melakukannya dalam 4 tahap.

Pertama, adalah latihan bebas dahulu selama 30 menit. Kemudian dilanjutkan dengan balapan sebagai race pertama dengan 4 putaran. Pada race pertama ini Anggi berhasil finish di posisi runner-up dan mendapatkan 4 point.

The Master Camp 3 ini memberlakukan sistem poin dalam setiap race-nya. Sistem nilainya adalah 6, 4, 3, 2, 1, 0, berurutan dari yang tercepat. Jadi Anggi yang ada di urutan kedua pada race pertama,  tentunya mendapat poin 4.

Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan race ke-2 flat-track, di mana dilakukan perubahan posisi start.  Ketiga pembalap terdepan berada di posisi start paling belakang. 

Di race ke-2 ini, Anggi dapat menjadi yang terbaik hingga total mengumpulkan 10 poin. 

Pada tahap terakhir, yang disebut dengan sistem Americana, dilakukan race sebanyak 7 putaran dengan sistem eliminasi per 2 putarannya. Dengan kata lain, setelah dua putaran pertama, pembalap yang finish pada posisi ke-5 dan ke-6 akan tereliminasi atau gugur. Selanjutnya pada dua putaran berikutnya pembalap yang finish pada posisi ke-3 dan ke-4 yang  tereliminasi.

Kembali pada race ini Anggi Setiawan menjadi yang terbaik. Total nilai yang dikumpulkan jadi 16 poin. Pembalap binaan Yamaha Indonesia ini akhirnya merebut podium juara flat-track di VR46 Motor Ranch.

Prestasi pembalap asal Palu, Sulawesi Tengah ini memang patut diapresiasi.

"Menurut saya,  The Master Camp 3 menjadi bukti dari talenta Anggi Setiawan yang cepat dalam beradaptasi dan terbukti pula dapat merebut podium terbaik di Motor Ranch dan race MiniGP di Misanino merenggut posisi ke-2.  Tentu saja,  ilmu yang telah diperolehnya akan menjadi modal untuk terus meningkatkan prestasi, " tukas General Manager After Sales & Public Relations PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) M Abidin,

Ikuti berita lainnya dari Yamaha Racing Indonesia di sini

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com