Advertorial

Green Power Plant Cirata, Wujud Komitmen PJB terhadap Lingkungan

Kompas.com - 26/05/2017, 17:29 WIB

PT Pembangkitan Jawa-Bali (PT PJB) pada Rabu (24/05/2017) kemarin baru saja meluncurkan program green power plant di Cirata, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Green Power Plant Cirata ini meliputi agroforestry, Gedung Dam Control Centre, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Cirata, dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Cirata.

Ke depannya, Cirata akan mengembangkan konsep green power plant yang berbasiskan edukasi, komunitas lokal, konservasi, dan sustainable technology.

Kegiatan tersebut dihadiri setidaknya oleh 250 undangan, di antaranya hadir Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Karliansyah, Kadiv K3L PT PLN (Persero) Helmi Najamuddin, Direktur Utama PT PJB Iwan Agung Firstantara, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Bupati Bandung Barat Abubakar, dan Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar, serta Muspika setempat.

Pembukaan kegiatan soft launching Green Power Plant Cirata dimulai pukul 08.30 waktu setempat, dengan tarian Rampak Gendang khas Sunda sebagai pembuka.

Adapun misi PJB adalah menjalankan bisnis pembangkitan secara berkualitas, berdaya saing dan ramah lingkungan, yaitu:

-          PJB dalam menjalankan bisnis berkomitmen untuk patuh terhadap peraturan, memperhatikan aspek K3L serta aman dari sisi karyawan dan aset.

-          Produk berkualitas tinggi dengan indikator EAF yang naik dan EFOR yang turun, namun tetap menawarkan harga yang kompetitif.

-          Membangun proyek-proyek Energi Baru Terbarukan yang ramah lingkungan.

“Kepedulian kami terhadap aspek K3 kami manifestasikan dengan melakukan roll out program-program K3 di seluruh Pembangkit Listrik yang dikelola PT PJB, serta membuat terobosan-terobosan baru di bidang K3. PT PJB adalah perusahaan yang ramah lingkungan kami buktikan dengan mengimplementasikan green power plant di Unit Pembangkitan PT PJB”, pungkas Direktur Utama PT PJB Iwan Agung di sela-sela sambutannya.

-

Puncak peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti. Namun dalam rangkaian kegiatan juga disertai kegiatan pelestarian lingkungan dengan penanaman pohon endemik dan simbolis petik buah di agroforestry PT PJB BPWC.

Selain itu, dilakukan kunjungan di area pembangkit listrik PT PJB UP Cirata, yang juga termasuk dalam program Green Power Plant Cirata. Lokasi dikunjungi: Dam Control Center (DCC), Power House PLTA, dan PLTS.

DCC merupakan pusat kontrol dan pengawasan Bendungan Cirata. Tempat ini juga dikadikan lokasi pelepasan burung endemik sebagai simbolis kepedulian perusahaan dalam menjaga habitat lingkungan sekitar. Tempat selanjutnya, Power House PLTA Cirata, para undangan diperkenalkan dengan sistem pengoperasian PLTA yang ramah lingkungan.

Tidak kalah menarik, PLTS Cirata sebagai riset energi baru terbarukan, menjadi lokasi kunjungan terakhir. PLTS Cirata menerapkan teknologi panel surya jenis thin film dengan daya terpasang sebesar 1 MW. Hal ini menjadikan PLTS Cirata yang terbesar di Pulau Jawa.

Green Power Plant Cirata ini mengangkat suatu konsep yang dinamakan CINTA: Cirata Nature, Technology & Adventure. Konsep ini meliputi 4 sub program, yaitu:

1)      CINTA Education, sebagai bentuk kepedulian PJB terhadap pendidikan pada generasi negeri ini dalam hal pembangkitan listrik dan lingkungan hidup. Program ini telah di implementasikan melalui DCC (Dam Control Center) dan kampus PJB Academy Cirata di akhir tahun ini. ?

2)      CINTA Sustainable Technology, sebagai bentuk kepedulian terhadap pengembangan teknologi berkelanjutan dalam bisnis pembangkitan listrik. Program ini telah di implementasikan melalui hydro power plant dan juga solar photovoltaic. ?

3)      CINTA Conservation, sebagai bentuk kepedulian terhadap konservasi lingkungan hidup di kawasan Unit Pembangkit serta Bendungan dan Waduk Cirata. Program ini telah di implementasikan melalui agroforestry.?

4)      CINTA Local Communities, sebagai bentuk kepedulian kami terhadap pengembangan potensi lokal termasuk sumber daya masyarakat. Telah kami implementasikan melalui kegiatan CSR kerajinan eceng gondok BPWC dan tas daur ulang sampah UP Cirata sebagai souvenir kunjungan; ?

Diharapkan dengan bergulirnya program Green Power Plant Cirata ini mampu menjadi inspirasi bagi seluruh unit milik PLN, melalui PJB selaku anak perusahaan, sebagai basis percontohan tata kelola pembangkitan dengan mempertimbangkan aspek lingkungan. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com