kabar mpr

Zulkifli Hasan Berharap Masyarakat Redam Konflik di Bulan Ramadhan

Kompas.com - 29/05/2017, 09:34 WIB

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengimbau masyarakat Indonesia agar menjadikan bulan Ramadhan sebagai momentum untuk membangun kembali rasa persatuan pasca-Pilkada DKI Jakarta 2017. Seperti diketahui, konflik akibat konstestasi politik berlangsung sengit belakangan ini.

"Silahkan beribadah dengan layak dan menghormati. Jangan kita ribut-ribut lagi dalam persoalan SARA," ujar Zulkifli saat berpidato di hadapan peserta pengajian di Majelis Tafsir Al-Quran, Solo, Jawa Tengah, Minggu (28/5/2017) siang.

Zulkifli juga meminta setiap umat beragama, khususnya umat Islam, untuk kembali mempererat hubungan satu sama lain. Ia menilai bahwa konflik yang berkepanjangan akan semakin melemahkan kohesi sosial serta solidaritas kewargaan.

"Kita tidak bisa kembali bersatu nanti. Akan semakin banyak salah paham satu sama lain, saling cap intoleran dan menyalahgunakan istilah pancasilais dan anti-pancasilais," ungkapnya.

Pria yang pernah menjabat sebagai Menteri Kehutanan itu mendesak masyarakat untuk mengalihkan perhatian ke hal-hal positif. Sebab, masih ada begitu banyak masalah yang perlu dibenahi, seperti peningkatan mutu pendidikan dan dan pemahaman budi pekerti.

"Mari mendidik anak-anak kita dan diri kita sendiri untuk fokus bekerja keras, menimba ilmu untuk meningkatkan kualitas diri sebagai penerus bangsa," tutur Zulkifli.

Langkah seperti itu dinilai sebagai upaya positif dalam membantu pemerintah untuk memajukan Indonesia. Menurutnya, dengan memperbaiki serta meningkatkan diri sendiri terlebih dahulu, maka masyarakat bisa memajukan Indonesia. (DAR) 

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com