Advertorial

Orang Super Kaya Biasa Lakukan Hal Ini (Bagian 1)

Kompas.com - 30/05/2017, 08:38 WIB

 

Kevin Kruse, penulis buku We: How to Increase Performance and Profits Through Full Engagement mewawancarai lebih dari 200 orang super kaya. Dalam daftar tersebut ada 7 miliarder, 13 penerima olimpiade dan pengusaha sukses.

Dalam wawancara, ada pertanyaan yang selalu ia tanyakan kepada orang-orang kaya dan sukses tersebut. “Apa rahasia suksesmu menambah produktivitas?”

Kruse kemudian merangkum semua jawaban dan membuat kesimpulan. Menurut ia, seperti dikutip dari Smart-money.co, beberapa di antara mereka punya kebiasaan aneh yang tidak masuk akal.

Perhitungan dalam menit, bukan jam

Orang sangat sukses paham bahwa 1.440 menit dalam sehari sangat berharga. Uang dan kesempatan besar bisa hilang begitu saja.  Atlet Olimpiade Shannon Miler bilang, dirinya mengatur jadwal harian dalam menit, bukan jam. "Itu membuatmu bisa menjadi master," kata Shanon.

Hanya fokus pada satu hal

Orang super kaya biasanya tidak mengerjakan banyak hal secara bersamaan. Setiap pagi, mereka hanya melakukan satu atau dua hal tanpa gangguan.

Tidak menggunakan “to do list

Banyak orang menggunakan to do list atau daftar pekerjaan yang harus dilakukan sebagai pengingat. Namun, Kevin menyimpulkan 41 persen orang super kaya dan sukses tidak memiliki to do list. Sebab, hal yang tidak selesai membuat mereka stres dan insomnia serta tidak produktif.

Tidak menunda sesuatu

Tidak ada seorangpun bisa menebak apa yang akan terjadi ke depan. Karena itu, mereka tidak biasa menunda pekerjaan kecil sekalipun untuk besok. Karena itu, segala sesuatu yang bisa dikerjakan dan diselesaikan hari ini, tidak pernah mereka tunda.

Makan di rumah

Kevin mempelajari hal ini dari intel Andy Grove. Kevin tak bisa menyebut alasan mengapa makan di rumah terkait keberhasilan mereka. Namun yang pasti, orang sukses tahu benar sesuatunya berarti. Karena itu, mereka mempertahankan agenda mereka.

Membaca dan membalas email dalam beberapa waktu

Orang super kaya tidak membuang waktu dengan membalas setiap pesan yang masuk. Mereka hanya membalas pesan dalam beberapa waktu, pagi, siang dan sore saja.

Sumber: Smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com