Advertorial

Orang Super Kaya Biasa Lakukan Hal Ini (Bagian 2)

Kompas.com - 30/05/2017, 11:30 WIB

Kevin Kruse, penulis buku We: How to Increase Performance and Profits Through Full Engagement mewawancarai lebih dari 200 orang super kaya. Ia menyimpulkan, orang super kaya melakukan beberapa kebiasaan, yang mungkin bisa Anda tiru.

Menghindari rapat yang menghabiskan biaya

Mark Cuban pernah bilang, rahasia produktivitasnya adalah tidak menerima ajakan rapat sampai semua orang sepakat. Baginya, rapat adalah hal yang menghabiskan waktu karena banyak topik melenceng dari pembahasan dan obrolan tidak penting. Jika memang harus rapat, pastikan hal itu berlangsung singkat dan menuju inti.

Mengatakan tidak pada semua hal

Warren Buffet bilang, perbedaan orang sangat sukses dan tidak adalah mereka selalu mengatakan tidak pada semuanya. Hanya ada 1.440 menit tiap hari sehingga ada banyak alasan untuk mengatakan tidak, itu prinsip mereka.

Prinsip 80/20

Orang-orang kaya itu percaya bahwa rumus sukses adalah 20 persen aktivitas. Karena itu, mereka paham aktivitas mana yang menghasilkan kesuksesan bagi mereka.

Ahli mendelegasikan pekerjaan

Mereka tidak menanyakan "Bagaimana kamu menyelesaikan semua ini?" tetapi "Bagaimana agar pekerjaan ini dapat selesai?" Mereka tidak mengontrol isu dan tidak mengontrol hal-hal rinci.

Hanya melihat sesuatu sekali

Seperti yang pernah disebutkan, mereka jarang melihat atau mengecek surat elektronik atau ponsel pintar setiap menit. Menurut mereka, hal itu bisa mengurangi stres. Mereka juga tidak harus melihat setiap kemajuan.

Memiliki kegiatan pagi yang rutin

Sebagian besar orang super kaya punya kebiasaan pagi mulai dari olahraga pagi, sarapan sehat, atau aktivitas seperti meditasi atau membaca buku.

Energi adalah segalanya

Mereka tidak melupakan sarapan atau istirahat. Makanan adalah bahan bakar, tidur adalah sarana istirahat untuk mengganti energi yang terkuras sepanjang hari.

Sumber: Smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com