Advertorial

Membaca Buku Bersama Anak Banyak Manfaatnya

Kompas.com - 30/05/2017, 19:00 WIB

Meluangkan waktu untuk membaca buku bersama anak memiliki sejumlah manfaat. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa memperkenallan buku kepada anak sejak dini akan membangun kebiasaan baik dalam mengembangkan pengetahuan dan mencari sumber informasi terpercaya.

Seperti dikutip dari Smart-money.co, Bustle.com menulis, melatih anak membaca buku sejak dini juga merupakan langkah tepat agar anak siap dalam belajar membaca ketika mulai masuk sekolah. Kebiasaan membaca buku juga memperkaya kosakata. Harapannya, anak menjadi pandai dalam menulis dan membaca dengan menggunakan bahasa yang baik.

Studi University of Sussex menunjukkan, membacakan buku kepada anak juga bermanfaat bagi orangtua. Orangtua menjadi lebih penuh perhatian dan penyayang terhadap anak. Studi ini fokus pada sesi membaca yang dihadiri oleh 24 responden ibu dari Inggris yang memiliki anak usia tujuh hingga sembilan tahun.

Dalam studi tersebut, peneliti membagi responden menjadi dua kelompok, pembaca buku konvensional dan pembaca buku elektronik (e-book). Hal yang diperhatikan oleh peneliti adalah interaksi orangtua dan anak serta kemampuan anak dalam mendokumentasikan material buku yang mereka baca. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa efek membaca buku berbentuk fisik dan buku elektronik memberikan manfaat baik yang sama untuk anak-anak.

Namun, studi menemukan orangtua dan anak yang membaca buku fisik memiliki hubungan lebih hangat dan tidak ragu menunjukkan rasa saling menyayangi, ketimbang pasangan orangtua anak yang membaca buku elektronik.

Nicola Yuill, seorang dosen senior yang terlibat dalam studi tersebut, mengatakan pasangan orangtua anak yang membaca buku fisik terlihat lebih terbuka dalam berkomunikasi dan mengekspresikan rasa kasih sayang. Hal tersebut tidak terlalu terlihat pada pasangan orangtua anak yang berada dalam kelompok membaca buku elektronik. Yuill pun menyimpulkan bahwa manfaat membaca buku bersama juga memberikan manfaat positif untuk orangtua.

Sumber: Website BCA Prioritas

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com