Advertorial

Mengatur Keuangan Dengan Teknik Manajemen Amplop

Kompas.com - 31/05/2017, 19:00 WIB

Mengatur keuangan adalah hal yang susah-susah gampang. Apabila Anda adalah tipe orang yang impulsif, mungkin ini adalah hal yang mustahil dilakukan.

Padahal ada cara mudah dan konvensional untuk membantu Anda mengatur keuangan, yaitu dengan menggunakan amplop. Cara ini sering disebut manajemen amplop.  Aidil Akbar Madjid merupakan orang yang mempopulerkan manajemen amplop ini.

Penasaran? Berikut langkah-langkah investasi dengan metode ini.

Dana yang Disiapkan

Pertama-tama, Anda bisa memasukkan dana untuk investasi sekitar 10-20 persen dari gaji bulanan ke dalam amplop. Untuk lebih ideal, sebaiknya sisihkan 25 persen dari penghasilan.

Empat Sekat Amplop

Di dalam amplop investasi, ada empat sekat untuk empat keperluan investasi yang wajib kamu siapkan, yakni investasi pendidikan anak, investasi dana pensiun, investasi dana pembelian aset (seperti DP mobil atau rumah), dan investasi dana untuk keperluan lain (misal: naik haji).

Investasi Pendidikan Anak

Ketika sudah berkeluarga, biaya pendidikan anak kerap jadi pos pengeluaran terbesar. Cobalah memasukkan dana dalam jumlah tertentu di sekat investasi dana pendidikan anak ini.

Jika investasi bisa dilakukan secara rutin tiap bulan kemudian dialokasikan ke produk pasar modal seperti saham atau reksa dana, kamu bisa memperoleh imbal yang lumayan besar nantinya.

Sumber:smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com