Advertorial

Inspirasi Novel Favorit CEO SpaceX dan Tesla

Kompas.com - 02/06/2017, 15:04 WIB

Jika selama ini hiburan Anda adalah televisi, snapchat, instagram, dan sosial media lainnya, mungkin Anda telah melupakan satu hiburan yang paling setia. Buku merupakan hiburan yang selalu setia menanti Anda untuk membaca tiap halamannya.

Kisah-kisah fiksi yang ada di dalamnya selalu menanti Anda dan akan menciptakan imajinasi yang menginspirasi. Sama seperti seorang miliader Elon Musk yang sangat terpengaruh dengan novel fiksi.

Dikutip dari CNBC, ada dua novel yang menajamkan pikiran CEO SpaceX dan Tesla ini. Salah satunya karya berjudul Lord of the Fliesyang ditulis oleh William Golding.

Novel klasik Golding yang berisi tentang kelangsungan hidup dan persaingan ini berkesan bagi Musk. Buku itu berkisah tentang Ralph, salah satu anak laki-laki Inggris di pulau terpencil yang ingin menciptakan kode moral dan etika untuk menyelamatkan umat manusia. Sedangkan tokoh antagonis di buku itu Jack awalnya hanya memberontak, tapi makin lama didorong kekuasaan dan keserakahan.

"Para pahlawan dari buku-buku yang saya baca, selalu merasa wajib menyelamatkan dunia," ujar Musk.

Novel itu membentuk pandangan Musk terhadap dunia, terutama masa depannya sendiri. Misalkan dia secara terbuka mengkhawatirkan bahaya kecerdasan buatan di tangan manusia.

Selain itu, ada satu lagi novel yang juga menarik perhatian Musk, yaitu Foundation karya Isaac Asimov. Buku tersebut merupakan karya pertama dari trilogi fiksi ilmiah Asimov.

Dalam ceritanya, seseorang mencoba menyelamatkan diri dari peperangan dan ketidaktahuan untuk menciptakan kerajaan alternatif. Alam semesta yang diciptakan tokoh dalam buku itu disebut Foundation. Ini tempat di mana sains, teknologi, dan seni memberikan perlindungan kepada orang-orang.

Buku Asimov mengajarkan Elon Musk soal peradaban bergerak dalam siklus dan mendorong dirinya mengejar ambisi.

Dua buku tersebut telah memberikan banyak tema, dan menunjukkan kalau seseorang dapat berdampak besar untuk dunia. Tak hanya dari novel saja Musk belajar, tetapi juga meluangkan waktu untuk membaca buku lebih ringan seperti komik.

Nah  Anda, tertarik membaca novel tersebut? (Adv) 

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com