Advertorial

Ini Cara Cerdas untuk Menambah Penghasilan

Kompas.com - 07/06/2017, 19:00 WIB

Idul Fitri sudah dekat dan itu berarti sudah saatnya Anda mulai menabung untuk membeli tiket mudik atau berlibur. Jika memerlukan banyak dana tambahan untuk dua hal tersebut, tenang saja. Tidak perlu bingung. Ada banyak cara cerdas yang bisa Anda lakukan. Cara-cara ini tidak memerlukan keahlian khusus. Apa saja?

1. Menjaga hewan peliharaan

Bila Anda adalah pecinta binatang, tentu ide ini cocok. Anda cukup membantu tetangga yang tidak punya waktu membawa binatang peliharaannya untuk jalan-jalan. Sebagai gantinya, kamu bisa mendapatkan uang.

2. Menunggu rumah

Pekerjaan sampingan ini tentu sangat mudah. Anda cukup menunggu rumah milik tetangga dekat yang sedang pergi  untuk mendapatkan uang tambahan. Kalaupun tidak mendapat uang, setidaknya Anda mendapat tempat tinggal gratis untuk beberapa waktu.

3. Membuka tokoonline

Buka toko online tidak butuh modal besar. Anda bisa membuka toko dan menjual produk-produk hasil kreasi sendiri. Misalnya saja produk kerajinan tangan atau makanan seperti kue kering dan camilan. Jika merasa tidak cukup pandai membuat kerajinan tangan dan masak, bisa juga menjadi reseller.

4. Menjadi penerjemah

Pada periode 2012-2022 diprediksi permintaan pasar akan penerjemah naik sampai 46%. Jika punya keahlian bahasa tertentu Anda bisa mencoba. Gunakan laman khusus seperti Guru.com.

5. Menjadi layanan pelanggan (customer service)

Menjadi customer service juga bisa Anda coba. Profesi ini tidak mewajibkan Anda berada di kantor untuk menjawab telepon. Hal ini juga bisa Anda lakukan dari rumah. Syaratnya, di rumah harus tenang dan bebas anak-anak serta memiliki peralatan spesifik.

7. Ikut fokus grup

Beberapa perusahaan ingin mendapat umpan balik atas produk atau layanan mereka langsung dari masyarakat. Manfaatkan kesempatan ini untuk mendapat uang tambahan. Biasanya, fokus grup akan memberi Anda imbalan atas waktu yang sudah kamu luangkan.

8. Isi survei online berbayar

Beberapa survey online menawarkan penghasilan tambahan. Anda cukup mengisinya dan mendapat bayaran. Anda bisa mencobanya di Viewpoint Forum atau Ipsos.

9. Sewakan ruang atau kamar kosong

Hal ini memang terdengar aneh. Namun, Airbnb membuatnya tak aneh lagi. Di Indonesia sendiri sudah ada layanan serupa seperti Airyrooms atau ZenRooms.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com