Advertorial

Inilah Risiko Investasi Berdasarkan Golongan Darah

Kompas.com - 08/06/2017, 16:57 WIB

Tenyata, profil risiko keuangan bisa ditentukan berdasarkan golongan darah. Seorang peneliti Jepang bernama Furukawa Takeji menyatakan golongan darah mempunyai keterkaitan dengan kepribadian seseorang.

Golongan darah A, B, O, dan AB memberikan suatu perbedaan tempramen, ritme, emosi, serta ritme belajar. Namun perlu dicatat, karakter berdasarkan satu golongan darah tidak selalu mutlak dimiliki oleh orang bergolongan darah itu.

Karakter-karakter di bawah ini hanya kecenderungan yang menjadi pembawaan tiap-tiap golongan darah.

Golongan darah A
Karakter-karakter yang menjadi pembawaan orang dengan golongan darah A yaitu:

a. Berkepala dingin, serius, sabar dan tenang.

b. Mempunyai karakter yang tegas, bisa diandalkan dan dipercaya, tetapi keras kepala.

c. Sebelum melakukan sesuatu orang bergolongan darah A biasanya memikirkannya terlebih dahulu dan mempunyai perencanaan yang matang. Mereka mengerjakan segalanya dengan sungguh-sungguh dan secara konsisten.

d. Berusaha membuat diri mereka sewajar dan seideal mungkin.

e. Bisa kelihatan menyendiri dan jauh dari orang-orang.

f. Mencoba menekan perasaan mereka dan kelihatan tegar. Walaupun sebenarnya mereka mempunyai sisi yang lemah, seperti gugup dan lain sebagainya.

g. Cenderung keras terhadap orang-orang yang tidak sependapat. Makanya mereka cenderung berada di sekitar orang-orang yang bertemperamen sama.

Jika dilihat dari karakternya, A da yang bergolongan darah A merupakan orang dengan profil risiko sangat konservatif. Makanya, Anda lebih suka untuk mengutamakan keutuhan nilai pokok investasi dan tidak keberatan untuk melepaskan potensi keuntungan yang lebih besar. Anda juga tidak bisa menoleransi risiko kehilangan nilai pokok investasi sehingga cenderung memilih investasi dalam bentuk tabungan/deposito dan Reksa Dana Pasar Uang yang bisa dicairkan setiap saat.

Alokasi aset buat para golongan darah A dengan profil risiko sangat konservatif adalah kas/deposito sebesar 65 persen, pasar uang sebesar 35 persen. Sementara, jangka waktu investasi buat para golongan darah A adalah di bawah 1 tahun.

Golongan darah B

Karakter-karakter buat Anda bergolongan darah B yaitu :

a. Pemilik golongan darah B ini suka penasaran dan tertarik terhadap segala hal baru.

b. Mempunyai terlalu banyak kegemaran dan hobi. Kalau sedang suka dengan sesuatu biasanya mereka menggebu-gebu, tetapi cepat juga bosan.

c. Biasanya mereka bisa memilih mana yang lebih penting dari sekian banyak hal yang dikerjakan.

d. Ingin menjadi nomor satu dalam berbagai hal dan tidak mau hanya dianggap rata-rata. Cenderung melalaikan lain hal jika sedang terfokus pada satu hal. Dengan kata lain, mereka tidak bisa mengerjakan sesuatu secara berbarengan alias kurang bisa multi-tasking.

e. Terlihat cemerlang, riang, bersemangat, dan antusias dari luar, tetapi sebenarnya semuanya ternyata sama sekali berbeda dengan yang ada di dalam diri mereka.

Profil risiko paling sesuai buat Anda yang bergolongan darah B adalah agresif. Anda dapat mengembangkan pokok investasi yang dipunyai untuk jangka panjang dengan tingkat imbal hasil maksimal.

Anda juga bersedia mengambil risiko lebih tinggi untuk memperoleh pertumbuhan nilai investasi yang lebih tinggi dalam jangka panjang. Dengan profil risiko agresif, berarti Anda cenderung tidak akan mencairkan investasi yang ditanamkan sekalipun sedang terjadi penurunan atas nilai investasi Anda.

Alokasi aset bagi golongan darah B adalah kas/deposito sebesar 10 persen, pasar uang sebanyak 10 persen, pendapatan tetap sebanyak 20 persen, dan sisanya ke saham 60 persen. Jangka waktu investasi untuk Anda adalah lebih dari 4 tahun karena Anda akan meraih imbal hasil investasi yang lebih besar.

Golongan darah O

Karakter golongan darah O yaitu:

a. Golongan darah O biasanya berperan dalam menciptakan gairah untuk suatu grup dan berperan dalam menciptakan suatu keharmonisan di antara para anggota grup tersebut. Biasanya mereka berjiwa leadership sebagai seorang pemimpin.

b. Figur mereka terlihat sebagai orang yang menerima dan melaksakan sesuatu dengan tenang

c. Apabila kesal terhadap seseorang, mereka susah marah terhadap orangnya langsung.

d. Biasanya pemurah (baik hati), senang berbuat kebajikan. Mereka dermawan dan tidak segan-segan mengeluarkan uang untuk orang lain.

e. Disukai oleh semua orang meski keras kepala dan secara rahasia mempunyai pendapatnya sendiri tentang berbagai hal.

f. Di lain pihak, mereka sangat fleksibel dan gampang menerima hal-hal yang baru.

g. Gampang dipengaruhi oleh orang lain dan lingkungan.

h. Mereka terlihat berkepala dingin dan terpercaya tapi mereka sering tergelincir dan membuat kesalahan yang besar karena kurang berhati-hati.

Konservatif adalah profil risiko yang cocok dengan karakter-karakter Anda yang bergolongan darah O. Profil risiko ini mengharapkan pertumbuhan nilai investasi yang stabil dan penerimaan hasil investasi secara periodik.

Anda bersedia menoleransi risiko yang minimal dan cenderung akan melakukan pencairan dana investasi jika terjadi penurunan nilai atas investasi atau mengalami kerugian.

Alokasi aset untuk profil risiko konservatif adalah kas/deposito sebesar 30 persen, pasar uang sebanyak 35 persen, dan pendapatan tetap sebanyak 35 persen. Jangka waktu investasi yang kamu berikan adalah 1 - 3 tahun.

Golongan darah AB

Karakter-karakter yang dimiliki golongan darah AB adalah :

a. Memiliki perasaan yang sensitif, lembut.

b. Penuh perhatian dan menjaga perasaan orang lain dan selalu menghadapi orang lain dengan kepedulian serta kehati-hatian.

c. Di samping itu mereka keras dengan diri mereka sendiri juga dengan orang-orang yang dekat dengannya.

d. Mereka jadi cenderung kelihatan mempunyai dua kepribadian.

e. Mereka sering menjadi orang yang sentimen dan memikirkan sesuatu terlalu panjang dan dalam.

f. Punya banyak teman, tapi membutuhkan waktu dan tempat untuk menyendiri dalam memikirkan persoalan-persoalan mereka.

Dengan karakter-karakter itu, profil risiko investasi yang sesuai dengan golongan darah AB adalah moderat. Profil risiko moderat berarti tujuan Anda berinvestasi adalah mendapatkan pendapatan secara periodik dan pertumbuhan modal dalam jangka menengah sampai panjang.

Anda dapat menerima risiko penurunan nilai investasi dalam jangka pendek untuk memperoleh potensi pertumbuhan modal yang lebih tinggi dalam jangka menengah sampai panjang. Anda juga cenderung tidak mencairkan investasi jika terjadi penurunan nilai. Bagusnya, Anda lebih memonitor investasi yang ditanamkan.

Alokasi aset investasi dengan profil risiko moderat adalah kas/deposito sebesar 10 persen, pasar uang sebanyak 25 persen, pendapatan tetap 35 persen, dan saham 30 persen. Sementara, jangka waktu investasi yang Anda berikan antara 3 - 4 tahun.

Yang perlu dicatat dari profil risiko investasi berdasarkan golongan darah ini adalah tidak selamanya Anda bergolongan darah A, misalnya, selalu memiliki profil risiko sangat konservatif. Mungkin saja Anda yang bergolongan darah A punya profil risiko agresif.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com