Advertorial

Pekerjaan Ini Tak Perlu Gelar Sarjana, tetapi Punya Gaji Tinggi

Kompas.com - 08/06/2017, 19:00 WIB

Biasanya orang beranggapana bahwa semakin tinggi pendidikan, maka semakin tinggi pula penghasilannya. Memang, tak ada yang salah dengan anggapan tersebut, tetapi ada beberapa pekerjaan yang memiliki penghasilan cukup tinggi meski belum memiliki gelar sarjana.

Menurut biro statistik tenaga kerja Amerika Serikat pada 2012 lalu, pekerjaan-pekerjaan ini tak butuh gelar sarjana dan bisa menghasilkan lebuh kurang Rp 1 miliar per tahun, seperti yang dilaporkan TIME.

Lalu apa saja pekerjaannya?

Kendali lalu lintas udara

Pekerjaan ini menuntut seseorang untuk mengawasi dan mengarahkan pesawat yang akan terbang atau mendarat di bandara. Profesi ini menawarkan pendapatan sebesar 122.530 dollar AS per tahun  atau Rp 1,67 miliar dengan tingkat pendidikan diploma.

Terapis radiasi

Tugas profesi ini adalah menyiapkan peralatan, mengamati dan mencatat hasil observasi dari pasien terapi radiasi. Profesi ini menawarkan pendapatan sebesar 77.560 dollar AS per tahun  atau senilai Rp 1,05 miliar dengan tingkat pendidikan diploma.

Teknisi tangga berjalan

Profesi ini memiliki tugas untuk merakit, merawat dan memperbaiki tangga berjalan. Pendapatan yang ditawarkan mencapai 76.650 dollar AS per tahun atau Rp 1,04 miliar dengan tingkat pendidikan yang dibutuhkan adalah diploma.

Operator reaktor nuklir

Pekerjaan ini menangani kendali reaktor nuklir, memantau, dan mengawasi indikator dalam reaktor nuklir serta mencatat data-data dari reaktor tersebut. Pendapatan yang ditawarkan mencapai 74.990 dollar AS per tahun atau senilai Rp 1,02 miliar dengan tuntutan tingkat pendidikan setara SMA.

Detektif atau jasa investigasi

Detektif bertugas melayani jasa penyelidikan, seperti kasus dugaan perselingkuhan, orang hilang, dan sebagainya. Pendapatan untuk profesi ini mencapai 74.300 dollar AS per tahun atau Rp 1 miliar dengan tuntutan tingkat pendidikan setara SMA. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com