Advertorial

Ini 4 Cara Mudah untuk Irit Biaya Cetak Dokumen di Kantor

Kompas.com - 09/06/2017, 12:25 WIB

Meski saat ini sudah banyak perusahaan mulai menerapkan budaya digital di lingkungan kerja, kehadiran printer tetap diperlukan. Utamanya untuk mencetak dokumen-dokumen yang memang diperlukan secara fisik.

Namun, cetak-mencetak dokumen di kantor dengan printer ini ternyata berpotensi membuat pengeluaran perusahaan membengkak. Terutama pada usaha kecil dan menengah.

Biaya untuk membeli kertas, isi ulang tinta printer, dan perawatan mesin printer setiap bulan tidak terasa bisa mencapai jutaan jika dihitung-hitung. Untuk menekan pengeluaran cetak dokumen di kantor ternyata ada cara-cara yang bisa dicoba oleh pelaku usaha kecil dan menengah. Apa saja?

1. Gunakan jenis font yang ramah printer

Saat mengetik jangan memilih font hanya berdasarkan pertimbangan mudah dibaca atau tidak. Ini karena ada jenis-jenis font tertentu yang membuat Anda boros tinta ketika mencetak dokumen. Cobalah untuk lebih banyak menggunakan font berjenis Garamond, Calibri, Times New Roman, dan Century Gothic yang lebih ramah printer.

2. Cetak draf dokumen dengan mode grayscale

Jika dokumen masih berupa draf yang memerlukan persetujuan, revisi, dan bolak-balik diubah sebaiknya cetak dengan mode grayscale. Terutama dokumen-dokumen yang isinya banyak gambar atau konten-konten berwarna. Mencetak dengan mode normal akan membuat tinta berwarna yang sudah terlanjur dipakai terbuang sia-sia.

3. Pilih printer yang mudah diisi ulang

Saat ini sudah ada printer yang didesain dengan tangki tinta yang dapat diisi ulang. Namun, pastikan printer yang Anda beli untuk kantor punya cara isi ulang tinta yang mudah. Seringkali karena pengisian tinta yang sulit, tinta baru yang akan diisi ulang tercecer, mengotori tangan dan meja. Meski tidak begitu banyak, tetap saja ada tinta yang terbuang saat proses isi ulang. Sayang sekali bukan?

4. Beli printer dengan bijaksana

Ketika akan membeli printer untuk keperluan kantor sebaiknya pertimbangkan dengan bijaksana. Ada baiknya pilih printer yang harga satu set kartrid atau botol tintanya ekonomis, bisa diisi ulang, mencetak ribuan lembar dengan biaya pencetakan yang murah, namun kualitas cetaknya premium.

Selain itu, pilih juga printer yang menawarkan kepraktisan. Usaha kecil menengah biasanya masih berkembang sehingga ada kemungkinan untuk berpindah kantor. Saat ini sudah banyak tersedia printer nirkabel yang mudah dipindah dan dibawa. Selain itu tidak hanya bisa mencetak dokumen yang tersimpan di PC tetapi juga smartphone dan tablet.

Sebagai pertimbangan, Anda pelaku usaha kecil dan menengah dapat melirik dua seri printer Ink Tank HP terbaru yaitu HP Deskjet GT 5810 dan 5820. Dua seri printer HP Deskjet GT tersebut menawarkan fitur tangki tinta yang dapat diisi ulang, koneksi nirkabel, dan memiliki kemampuan mencetak yang banyak dan ekonomis.

Hanya dengan satu set botol tinta warna HP, dua seri printer tersebut dapat mencetak hingga 8.000 halaman berwarna. Sementara menggunakan tinta hitam saja, printer ini dapat mencetak hingga 5.000 halaman.

Namun demikian, kualitas cetaknya tetap baik. Teks dapat tercetak dengan tajam, begitu juga grafis dan foto. Ditambah lagi kualitas tintanya premium karena tidak akan luntur meski terkena air (khususnya tinta warna hitam).

Printer ini sangat cocok untuk pelaku usaha kecil dan menengah yang ingin membuat materi-materi pemasaran berkualitas, namun enggan pergi ke percetakan. Tinta asli HP tersedia dengan harga Rp 85.000 per botol sehingga jika dihitung-hitung biaya untuk mencetak dokumen per lembar lebih hemat. Selain itu tinta dapat dengan mudah diisi ulang.

Botol-botol tinta isi ulang dilengkapi dengan fitur inovatif anti tumpah. Tidak perlu meremas botol untuk mengisi tinta ke tangki. Lepaskan saja karet penutup tangki tinta dan posisikan botol isi ulang di moncong tangki tinta. Tinta dari botol isi ulang akan mengalir dengan sendirinya ke dalam tangki.

Untuk mempermudah Anda memonitor ketersediaan tinta pada printer, HP mendesain seri printer HP Deskjet GT dengan tangki tinta transparan. Selain dapat digunakan untuk mencetak, dua seri printer HP Deskjet GT tersebut juga dapat digunakan untuk memindai (scan) dokumen dan fotokopi.

HP Deskjet GT 5810 dan 5820 juga praktis karena nirkabel dan proses pemasangannya pun mudah. Khusus untuk HP Deskjet GT 5820, tersedia fitur pencetakan dari berbagai perangkat mobile dan pencetakan dengan sistem Wi-Fi Direct. Pengaturan untuk menghubungkan printer dengan perangkat mobile juga sangat simpel.

Untuk informasi lebih lanjut kunjungi http://www.hp.com/id/deskjet-gt.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com