Advertorial

Mulai Tahun Ini, Indonesia Jadi Tujuan Investasi Para Investor Global

Kompas.com - 12/06/2017, 14:30 WIB

Sebagai negara yang berkembang, Indonesia berhasil menduduki peringkat keempat sebagai negara tujuan investasi yang prospektif 2017-2019. Hal tersebut berdasarkan hasil survei terbaru United national Conference On trade and Development (UNCTAD) bertajuk The World Investment Report 2017 yang dirilis Kontan.

Posisi tersebut naik pesat. Sebelumnya, Indonesia berada pada posisi delapan dalam survei yang sama tahun lalu. Dengan posisi sekarang ini, Indonesia hanya kalah dari Amerika Serikat, India, dan Tiongkok yang masing-masing menduduki peringkat pertama hingga ketiga.

Berdasarkan hasil suvei tersebut, para pebisnis meyakini pertumbuhan investasi di wilayah Asia Tenggara, seperti Indonesia, Vietnam, dan Singapura bakal lebih baik pada tahun ini dan ke depannya. Perbaikan ekonomi pun diyakini akan memberikan kekuatan serta meningkatkan investasi dalam beberapa tahun ke depan.

Hal ini juga diperkuat dengan sembuhnya sejumlah perusahaan multinasional di sektor energi dan pertambangan dari keterpurukan bisnisnya dalam dua tahun ini. Oleh karena itu, proyeksi mereka dalam dua tahun ke depan investasi akan bertambah.

Meski demikan, ketidakpastian masih membayang. Dalam survei disebutkan, hanya 41 persen eksekutif yang menjadi responden akan membenamkan dana di tahun ini.

Responden lebih banyak menanamkan investasinya mulai 2018 dengan angka 50 persen dan 2019 dengan angka 53 persen dari total eksekutif yang disurvei. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com