kabar mpr

Inilah Tiga Faktor yang Menentukan Kemajuan Bangsa Menurut Ketua MPR

Kompas.com - 12/06/2017, 23:42 WIB

Ilmu pengetahuan dan teknologi, kepercayaan (trust), serta nilai-nilai. Tiga faktor itulah yang menurut Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dapat membawa suatu bangsa maju dan berjaya.

Ia menyampaikan hal tersebut ketika menjadi pembicara menjadi pembicara dalam pembahasan buku "Pancasilaisme Dalam Dinamika Pendidikan" yang digelar di Gedung Gema UNESA, Surabaya, Senin (12/6/2017) siang.

Menurut Zulkifli, ketiga faktor kunci tersebut ada di tangan generasi muda, khususnya mahasiswa.Oleh karena itu,iIa mengingatkan pentingnya peran mahasiswa untuk melakukan perubahan. Misalnya saja seperti peran mahasiswa dalam momen bersejarah di masa lalu, termasuk Reformasi 1998.

Zulkifli pun menyatakan, pemuda, mahasiswa, dan pihak kampus adalah sebuah kesatuan yang berperan penting dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. "Dimanapun di dunia ini, lihat kampusnya. Kalau kampusnya bagus, negara itu maju," ujarnya.

Namun, pintar saja tidak cukup. Ia mengatakan, selain ilmu pengetahuan dan teknologi, nilai-nilai juga menjadi faktor penting dalam memajukan bangsa. Mahasiswa yang pintar belum tentu bisa mencapai preatasi yang maksimal jika tidak memiliki nilai-nilai kehidupan yang baik.

"Beruntungnya, Indonesia memiliki Pancasila sebagai pedoman nilai kehidupan berbangsa dan bernegara," lanjut Zulkifli dalam pemaparan di hadapan para mahasiswa tersebut.

Faktor lain yang menentukan kemajuan sebuah bangsa adalah hubungan kepercayaan (trust) di antara elemennya. Rakyat dan aparat saling percaya, konstituen dan wakilnya saling percaya, bahkan mahasiswa dan rektornya pun saling percaya.

Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap wakilnya dinilai Zulkifli sebagai hal yang substansial dalam pelaksanaan kehidupan bernegara. "Trust itu akan muncul kalau kebijakan yg diambil pejabat publik diambil untuk kepentingan bersama. Itulah pencerminan perilaku Pancasila. Dengan demikian akan timbul rasa percaya," tutup Zulkifli.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com