Advertorial

4 Kiat Jitu Agar Liburan Lebaran Berjalan Lancar

Kompas.com - 14/06/2017, 09:58 WIB

Bagi sebagian besar orang, momen mudik Lebaran menjadi kesempatan emas untuk berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman. Tak hanya itu, libur Lebaran yang cukup panjang dan bersamaan dengan liburan sekolah anak-anak juga selalu ditunggu-tunggu untuk berwisata bersama keluarga. Meskipun libur Lebaran 2017 masih sekitar dua pekan lagi, Anda yang ingin mudik sambil liburan bersama keluarga sebaiknya mulai melakukan persiapan dan pertimbangan yang matang agar liburan tidak gagal. Coba lakukan empat cara ini agar Anda bisa menikmati liburan Lebaran dengan efektif:

Fleksibel mengenai rencana liburan

Momen mudik dan musim liburan membuat hampir semua tempat wisata populer untuk liburan dipenuhi wisatawan. Jadi, bisa saja banyak hal yang terjadi di luar kendali, seperti kemacetan lalu lintas dan akses yang sulit dijangkau, menyebabkan perubahan rencana liburan mungkin sekali dapat terjadi. Oleh karena itu, ketika ada hal-hal yang berjalan tidak sesuai rencana atau keinginan, cobalah untuk bersikap fleksibel terhadap perubahan yang terjadi. Anda bisa mengganti destinasi yang sudah ditentukan selama waktu berlibur tidak terganggu.

Sementara untuk hotel, pastikan untuk melakukan reservasi hotel agar Anda bisa mendapatkan hotel sesuai budget di dekat tempat wisata. Traveloka misalnya, memberikan kemudahan saat melakukan pencarian dan booking hotel. Anda juga bisa mengetahui informasi lengkap seputar hotel di suatu daerah, termasuk rating dan ulasan tamu sebelumnya. Alhasil, hotel idaman pun bisa Anda temukan dengan mudah dan cepat.

Bukan cuma itu, pesan hotel di Traveloka juga punya memberikan keuntungan lain. Traveloka memastikan kenyamanan liburan Anda dengan menghadirkan fitur StayGuarantee, sebuah layanan berupa jaminan kepastian menginap. Fitur berfungsi memperkecil kerugian yang tidak diinginkan karena masalah pembatalan secara sepihak yang dilakukan oleh pihak hotel. Jadi, kapanpun Anda mengalami masalah check in, langsung saja klaim atas StayGuarantee untuk mendapatkan bantuan yang dibutuhkan.

Pilih penginapan jenis apartemen

Untuk momen liburan dengan keluarga, usahakan memilih tempat penginapan yang dapat mengakomodasi satu keluarga penuh. Anda bisa memilih apartemen sebagai alternatif tempat tinggal dibanding hotel. Selain memberikan suasana privasi dan nyaman layaknya rumah sendiri, kebanyakan apartemen memiliki lebih dari satu kamar tidur dan ruang tamu yang luas sebagai tempat berkumpul dan menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang.

Kelebihan lainnya, Anda bisa memasak makanan sendiri karena kebanyakan apartemen sudah dilengkapi dapur, lengkap dengan peralatan masak dan makan. Ini penting sekali terutama bagi Anda yang memiliki balita yang masih mengonsumsi MPASI maupun anak kecil yang membutuhkan makanan sehat di masa pertumbuhannya. Di sisi lain, memasak sendiri sangat membantu menghemat anggaran liburan.

Pilih agen travel yang harganya jujur

Bepergian bersama keluarga ke berbagai tempat wisata pastinya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Tak heran bila banyak orang yang tergiur membeli paket wisata murah demi mencegah kantong jebol. Sayangnya, penawaran tersebut bisa menimbulkan kerugian tersendiri karena tidak semua agen travel memberikan fasilitas sesuai keinginan.

Oleh karena itu, pilihlah agen travel online terpercaya agar Anda dapat menikmati liburan tanpa harus merogoh dana ekstra yang membuat sakit kepala. Dengan mengakses situs, mobile web atau mengunduh aplikasi Traveloka, Anda bisa mendapatkan banyak pilihan harga murah dan bersaing dari berbagai maskapai penerbangan, kereta api hingga hotel untuk tujuan destinasi yang Anda pilih. Bukan hanya sekadar murah, harga yang ditampilkan Traveloka adalah harga jujur dan pasti. Artinya, tidak ada lagi biaya tambahan atau tersembunyi yang perlu dibayarkan lagi.

Proses pembayarannya juga mudah. Traveloka telah menyediakan beragam pilihan metode pembayaran, seperti melalui ATM, transfer via mobile, atau bayar di Indomaret, tanpa harus mutlak memiliki kartu kredit. Traveloka, sebagai situs booking hotel No. 1 di tanah air, juga memastikan liburan Lebaran Anda berkesan dengan pengalaman booking terbaik. Dengan begitu, Anda bisa mencari kebutuhan akomodasi liburanmu yang paling sesuai kebutuhan.


Bawa mainan non-teknologi untuk anak

Perjalanan mudik yang cukup lama, jauh, dan menghadapi kemacetan tentu akan membuat anak merasa cepat bosan. Oleh karena itu, siapkan kebutuhan khusus anak sesuai usia, termasuk mainan favorit anak agar ia merasa lebih nyaman dan tidak mudah rewel selama perjalanan. Rubik, alat musik mainan, kartu permainan, mobil-mobilan, bola, dan boneka bisa menjadi pilihan terbaik. Mainan-mainan ini juga memungkinkan Anda lebih banyak berinteraksi dengan anak, seperti bercerita, bertanya, bermain tebak-tebakan atau bernyanyi bersama.

Jika anak terbiasa bermain dengan tablet, sebaiknya cobalah mengurangi intensitas penggunaan gadget di kala mudik. Tablet yang digunakan untuk bermain bisa kehabisan baterai atau hilang sinyal yang dapat membuat anak semakin rewel selama perjalanan. Namun, mainan biasa bisa digunakan kapan saja dan di mana saja.

Perencanaan matang tentunya akan membuat liburan bersama keluarga bisa menghadirkan kenangan tak terlupa bagi seluruh anggota keluarga. Jadi, manfaatkan momen liburan setahun sekali ini secara maksimal. Selamat liburan!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com