Advertorial

Ingin Berbisnis Selama Ramadhan? Simak ide Berikut

Kompas.com - 15/06/2017, 09:44 WIB

Berbeda dengan sebelas bulan lainnya, bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah. Selama bulan puasa ini, Anda bisa mengisi dengan banyak hal produktif dan bermanfaat.

Salah satunya dengan membuka bisnis. Bonusnya, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan untuk hari Lebaran. Nah, untuk itu berikut beberapa ide bisnis yang bisa Anda manfaatkan selama bulan Ramadhan tanpa modal yang besar.

Takjil dan minuman segar
Bisnis yang selalu siap meraup keuntungan besar adalah menjual minuman segar dan makanan kecil. Anda bisa menjajal bisnis ini. Anda bisa menjualnya di kantor atau depan rumah. Terlihat sederhana memang, tetapi coba lihat hasilnya yang lebih dari lumayan.

Katering makanan
Kesibukan di bulan Ramadhan memang tidak berkurang, karena itu tak semua orang mempunyai waktu untuk memasak. Nah, kalau Anda memiliki waktu luang lebih dan bisa memasak, usaha katering makanan merupakan peluang yang tepat. Apalagi sekarang sedang marak katering sehat. Anda bisa memanfaatkan bisnis ini.

Buah-buahan
Selama bulan Ramadhan, buah menjadi makanan yang banyak dicari. Banyak orang menggunakan buah sebagai pencuci mulut, menjaga kesehatan, atau membuat takjil. Nah, Anda bisa melirik buah-buahan sebagai salah satu bisnis yang menjanjikan.

Ketupat
Menjelang akhir Ramadhan, ketupat menjadi barang paling dicari. Modal yang dibutuhkan untuk membuat ketupat pun sangat kecil, mulai dari Rp 1.000. Tertarik mengembangkan bisnis ketupat?

Kue kering
Kue kering menjadi salah satu makanan wajib selama Idul Fitri. Sering kali, orang beli kue kering untuk camilan di malam hari selama Ramadhan. Anda yang hobi  membuat kue, kenapa tidak menggunakan kesempatan ini untuk menambah penghasilan?

Busana muslim dan perlengkapan ibadah
Barang yang menjadi incaran saat mendekati Lebaran adalah baju dan perlengkapan. Modal untuk membuka usaha ini memang lebih besar dibanding makanan. Namun, bisnis ini juga menjanjikan keuntungan lebih besar.

Jasa pembuatan parsel
Parsel menjadi salah satu hal wajib ada ketika Idul Fitri tiba. Usaha menyusun dan mendekorasi hantaran ini menjadi langkah sederhana yang bisa Anda coba.

Penyewaan mobil
Mudik adalah salah satu tradisi masyarakat Indonesia. Tak semua orang menggunakan transportasi umum saat mudik ke kampung halaman. Jika Anda punya beberapa mobil, kenapa tidak menyewakannya? Sewakan mobil pada rekan kerja atau teman dekat untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan pada mobil Anda. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com