Advertorial

Tak Bisa Minum Kopi, Ini Cara Jitu Lawan Kantuk Saat Puasa

Kompas.com - 16/06/2017, 14:56 WIB

Salah satu cara andalan untuk melawan kantuk di siang hari adalah minum kopi. Namun tentu saja selama bulan Ramadhan cara tersebut tak dapat dilakukan.

Pada bulan Ramadhan, tantangan untuk melawan kantuk memang lebih besar. Sebab, terjadi perubahan siklus tidur selama menjalani bulan puasa. Bangun sahur setiap pukul 03.00 dini hari membuat waktu tidur orang berkurang setidaknya 40 menit.

Dikutip dari Smart-money.co, hasil penelitian di Journal of Sleep Research menunjukkan sahur mengurangi durasi tahap tidur pulas atau rapid eye movement (REM). Ditambah lagi, selama puasa tidak ada asupan makanan dan minuman dalam siang hari. Ini juga menjadi faktor penyebab kantuk.

Nah, jika tak bisa minum kopi saat kantuk melanda di siang hari, tenang, ada cara lain yang juga jitu untuk mengatasi ini.

Bergerak atau berjalan kaki

Berjalan kaki atau bergerak adalah langkah paling sederhana dan sehat yang bisa Anda lakukan. Berjalan kaki selama 10 menit ternyata mampu meningkatkan energi hingga dua jam ke depan.

Tidur siang sejenak

Saat jam istirahat, Anda bisa tidur siang selama 10-20 menit saja. Tidur siang yang terlalu lama, menurut para ahli, justru membuat badan tambah lemas.

Ganti pemandangan

Bila pekerjaanmu mengharuskan menatap komputer terus menerus, mata akan cepat lelah dan mengantuk. Alihkan pandangan dari layar selama setidaknya 20 detik tiap 20 menit sekali.

Mengobrol

Mengobrol dengan rekan kerja juga bisa menjadi cara ampuh menghilangkan kantuk. Mengobrol bisa meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi kerja. Coba mulai obrolan sederhana setidaknya dengan teman sebelahmu.

Cari sinar matahari

Kantuk juga bisa datang karena kurang cahaya. Terangkan lampu di ruanganmu atau cari sinar matahari.

Tidur berkualitas di malam Hari

Jangan tidur larut malam. Usahakan tidur malam di waktu yang sama agar Anda dapat tidur cukup dan berkualitas.

Sumber: Smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com