Mempelajari Keberhasilan Para Pedagang Sahabat Nabi Muhammad - Kompas.com
Advertorial

Mempelajari Keberhasilan Para Pedagang Sahabat Nabi Muhammad

Kompas.com - 16/06/2017, 19:00 WIB
-

Banyak pebisnis sukses yang pengalamannya bisa Anda contoh dan terapkan untuk meraih keberhasilan yang sama. Salah satu contohnya, Nabi Muhammad SAW. Ia mulai berdagang saat berusia 12 tahun.

Jaringan dagangnya tak hanya di Mekah dan Madinah, tetapi juga Yaman, Suriah, Busra, Iraq, Yordania, Bahrain dan kota-kota perdagangan Jazirah Arab lainnya. Nabi Muhammad SAW juga punya banyak sahabat yang juga merupakan pedagang dan pengusaha sukses. Dalam tarikh (sejarah) Islam, beberapa sahabat Nabi ini bahkan pandai mencetak keuntungan meski tanpa modal besar. S

Pengalaman sosok-sosok ini tentunya bisa Anda pelajari dan terapkan ke bisnis Anda. Siapa saja mereka?

Abdurrahman bin Auf

Abdurrahman adalah pengusaha dari Mekah yang terkenal sangat dermawan. Dalam sebuah kisah, dia tercatat pernah menyumbangkan semua hartanya untuk kepentingan umat Islam. Dia pernah menyumbangkan emas sebanyak 5,9 kilogram, sebidang tanah, dan 700 ekor unta.

Dia bahkan tidak meninggalkan apapun untuk keluarganya. Namun, berdagang memang telah menjadi keahliannya. Ketika memasuki suatu kawasan baru, dia sering menanyakan di mana letak pasar. Dia tahu pasar adalah tempat yang menjadi salah satu keahliannya.

Urwah Al Bariqi

Urwah Al Bariqi adalah salah satu pengusaha yang pandai berkomunikasi, membangun relasi dan negosiasi. Suatu kali dia mendapatkan kesempatan dari Nabi Muhammad SAW untuk membeli kambing kurban seharga satu dinar.

Kemudian, dia kembali dengan membawa dua kambing. Dalam suatu riwayat, Urwah juga dikisahkan bisa menjual semua barang yang ada di tangannya. Bahkan, ketika tidak ada barang pun, dia bisa menjual segenggam debu.

Ustman bin Affan

Ustman adalah salah seorang dari Khulafaur Rasyidin yang menggantikan Umar bin Khattab. Selain dikenal sebagai pribadi yang shalih, jujur dan lembut, dia juga dermawan. Dalam sejarah Islam, dia sering membagi-bagikan hartanya untuk kesejahteraan umat Islam.

Sumber: Smart-money.co

Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM