Advertorial

Rencanakan Liburan dari Destinasi hingga Akomodasi dengan Rinci

Kompas.com - 21/06/2017, 19:08 WIB

Mendekati libur panjang, apakah Anda sudah memiliki destinasi untuk berlibur? Jika belum, kami memiliki beberapa referensi yang bisa jadi alternatif destinasi liburan musim panas, yang dikutip dari Lonely Planet.

Destinasi pertama adalah Abruzzo, Italia Kawasan yang menyebar di sepanjang Adriatik ini menjadi lokasi yang tepat untuk menikmati keindahan alam Italia. Dengan resort pinggir pantai, seperti Pescara dan Vasto, menawarkan pengalaman liburan yang berbeda.

Berikutnya datang dari negara Indonesia, yaitu Pulau Komodo yang merupakan lokasi tepat untuk menikmati libur musim panas. Di lokasi ini Anda bisa menemui satu-satunya hewan purba yang masih hidup hingga sekarang.

Musim panas merupakan waktu yang tepat untuk melihat mereka. Biasanya pada musim panas, Komodo banyak keluar ke tempat terbuka sehingga dapat melihatnya dengan puas tanpa bersusah payah.

Selanjutnya adalah Newfoundland di Kanada. Pada musim semi akhir menjelang musim panas, di kawasan perairan Newfoundland dan Labrador akan terlihat sebuah bongkahan besar es Arktik yang mengapung di pantai Atlatik dan akan menuju Kanada.

Bongkahan es ini biasanya tiba di Kanada pada bulan April dan Mei. Anda juga bisa memilih Red Center di Australia dan Alaska di Amerika Serikat.

Tak hanya memilih lokasi wisata, Anda juga harus mempertimbangkan faktor keamanan dari negara tujuan. Minimnya kriminalitas akan memberikan rasa aman bagi Anda saat menjelajah tempat-tempat wisata di negara itu.

Menurut data yang dirilis World Economic Forum (WEF), ada 20 negara dengan tingkat kejahatan yang rendah di dunia antara lain, Finlandia, Uni Emirat Arab, Islandia, Oman dan Hong Kong.

- -

Untuk informasi, setiap dua tahun yayasan nirlaba asal Swiss tersebut menilai 138 negara berdasarkan beberapa indikator yang mencakup keamanan personal, keamanan kesehatan, keamanan infrastruktur, hingga daya saing harga.

World Tourism Organization memperkirakan setiap tahunnya selama periode 2010-2030 ada 43 juta wisata asing yang melakukan perjalanan wisata. Mayoritas para wisatawan ini diestimasi menggunakan moda transportasi udara sekitar 54 persen, jalan atau darat sekitar 39 persen, laut sekitar 5 persen dan kereta api sekitar 2 persen.

Sebelum pergi berlibur, jangan lupa untuk memilih akomodasinya. Anda dapat mencari informasi via internet. Situs perjalanan travel Tripadvisor telah mengeluarkan daftar hotel terbaik di dunia 2017 pilihan pembaca. Daftar ini disusun berdasarkan penilaian dari jutaan review yang dituliskan oleh pembaca situs tersebut.

Menurut situs tersebut, peringkat pertama diraih oleh Aria Hotel Budapest by Library Hotel Collection yang berlokasi di Hungaria. Sedangkan peringkat kedua dihuni oleh Hotel Mandapa, Ubud, Indonesia yang berada di bawah bendera Ritz Carlton.

Mandapa berhasil mengungguli hotel-hotel mewah lainnya dari berbagai penjuru dunia. Hotel Mandapa bahkan mengalahkan hotel-hotel dari Maladewa, Barcelona, hingga Turin, Italia. Sementara posisi tiga hingga lima, ditempati oleh Turin Palace Hotel Italia, Hotel The Serras Spanyol dan BoHo Prague Hotel.

Selain daftar hotel, TripAdvisor juga mengumumkan kategori maskapai penerbangan terbaik dalam ajang penghargaan TripAdvisor Traveller’s Choice Awards. Penganugerahan ini menyoroti kinerja operator penerbangan berdasarkan ulasan dari traveler di seluruh dunia perihal pelayanan, kualitas serta kepuasan pelanggan yang telah dikumpulkan selama 12 bulan terakhir.

Bagi Anda yang hendak bepergian, berikut adalah lima maskapai terbaik di dunia, yaitu Emirates (Uni Emirat Arab), Singapore Airlines (Singapura), Azul (Brazil), JetBlue (Amerika Serikat), dan Air New Zealand (Selandia Baru).

Anda juga tetap bisa memilih Garuda Indonesia saat bepergian. Karena, maskapai nasional kebanggaan Indonesia tersebut juga berhasil mendapatkan apresiasi dan penghargaan berkelas internasional. Garuda Indonesia dinobatkan sebagai salah satu maskapai terbaik dunia dan menempati urutan 10. (Adv)

Sumber : Website BCA Prioritas

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com