Advertorial

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Lelah dan Pegal Mengganggu Perjalanan Mudik?

Kompas.com - 22/06/2017, 13:18 WIB

Ada satu hal yang selalu dinanti menjelang perayaan Idul Fitri setiap tahunnya yaitu momen mudik bersama keluarga ke kampung halaman. Perjalanan mudik selalu saja penuh keseruan, menambah pengalaman baru, dan meninggalkan memori yang menyenangkan jika diingat-ingat.

Namun, perjalanan dengan jarak dan waktu tempuh yang cukup panjang ke kampung halaman juga memiliki risiko. Terutama bagi pemudik yang memilih jalur darat. Beberapa di antaranya adalah rasa lelah dan pegal-pegal yang seringkali mengganggu keseruan perjalanan.

Ketika rasa lelah dan pegal mulai menyerang di tengah perjalanan mudik, sebenarnya ada beberapa solusi sederhana yang dapat Anda lakukan. Apa saja?

1. Mengubah posisi duduk

Selama perjalanan mudik Anda sudah dipastikan akan duduk di dalam kendaraan dalam jangka waktu lama. Biasanya rasa pegal akan menyerang bagian leher, punggung, dan pinggang. Kaki juga bisa mengalami kesemutan.

Agar terhindar dari pegal di area-area tersebut dan rasa kesemutan Anda harus duduk dengan posisi senyaman mungkin. Setelah itu ubah posisi duduk sesering mungkin. Idealnya setiap 15-20 menit sekali.

2. Peregangan otot

Lakukan peregangan otot ketika rasa lelah dan pegal menyerang. Tegakkan punggung, tarik kepala ke belakang, tahan selama delapan detik. Kemudian putar leher dan bahu agar rasa kaku otot di area tersebut mereda. Putar badan ke kanan, kemudian tahan posisi tersebut selama 15-20 detik. Lakukan ke arah sebaliknya.

Jika ada kesempatan istirahat di rest area, jangan hanya duduk di dalam kendaraan. Berdiri dan berjalan-jalan santai di area sekitar mobil, motor, atau kendaraan lain yang Anda gunakan terparkir akan membantu menghilangkan rasa pegal dan kesemutan di kaki.

3. Minum banyak air dan gunakan essential oil

Manusia memiliki tulang rawan pada persendian yang berfungsi membantu pergerakan tubuh. Tulang rawan pada persendian tersebut mengandung 80 persen air. Oleh karena itu kekurangan cairan akan membuat persendian kaku. Akibatnya Anda mudah merasa pegal-pegal. Kekurangan cairan juga dapat memicu otot cepat lelah.

Meski masih berpuasa selama mudik, usahakan Anda minum cukup air putih pada sahur dan berbuka. Tujuannya agar kebutuhan cairan dalam sehari terpenuhi. Untuk melemaskan otot-otot yang pegal dan menghalau rasa lelah Anda juga boleh menghirup aroma essential oil yang dapat membuat rileks. Misalnya seperti aroma eucalyptus, peppermint atau lavender.

-

4. Beristirahat

Tidak ada solusi yang paling efektif mengatasi lelah dan pegal selain beristirahat. Jangan paksakan diri untuk meneruskan perjalanan meski tubuh sudah kelelahan dan merasa sangat pegal hanya karena ingin cepat sampai di kampung halaman. Memaksakan diri hanya akan mempertinggi risiko kecelakaan dan gangguan kesehatan lain yang lebih serius. Ingat, tubuh manusia ada batasnya.

Saat ini sudah banyak rest area dan booth-booth untuk beristirahat yang tersedia di sepanjang jalur mudik. Biasanya rest area dan booth tersebut juga sudah dilengkapi dengan tempat ibadah, fasilitas hiburan, dan relaksasi yang lengkap.

5. Gunakan koyo

Selalu siap sedia koyo di kotak P3K Anda selama mudik. Koyo adalah solusi yang paling praktis untuk mengatasi pegal dan nyeri  akibat kelelahan di perjalanan mudik. Tinggal tempel saja di bagian yang pegal atau terasa nyeri. Koyo dengan bahan kandungannya dapat memberi rasa hangat tepat di bagian tubuh yang terasa pegal atau nyeri. Penggunaannya pun praktis, tinggal tempel saja.

Untuk meredakan pegal dan nyeri akibat kelelahan saat mudik, Anda dapat memilih HANSAPLAST KOYO. Bersihkan area yang terasa pegal, tempel HANSAPLAST KOYO dan rasakan sensasi hangatnya.

HANSAPLAST KOYO dibuat dengan teknologi heat lock sehingga kesegaran aroma dan hangatnya tetap terjaga. Selain itu juga dibuat dengan warna kulit dan kemasan resealable. Pilih saja ingin menggunakan yang hangat atau panas.

Mudik Lebaran tahun ini HANSAPLAST KOYO juga menyediakan booth-booth di sepanjang jalur mudik di Pulau Jawa. Pemudik dapat beristirahat, menyegarkan pikiran dan tubuh, beribadah, dan merasakan hangatnya HANSAPLAST KOYO untuk meredakan pegal akibat kelelahan di booth tersebut. HASAPLAST KOYO bikin #mudikgakloyo.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com