Advertorial

Produk Berkualitas dan Ramah Lingkungan Jadi Komitmen Yamaha untuk Indonesia

Kompas.com - 23/06/2017, 13:09 WIB

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tidak hanya berkomitmen untuk terus menciptakan produk-produk yang berkualitas saja, namun produk yang ramah terhadap lingkungan. Produk berkualitas memang diharapkan tidak hanya dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan sekitar, tetapi turut juga melestarikan lingkungan hidup di Indonesia.

Hal ini sejalan dengan semangat Hari Lingkungan Hidup yang dirayakan setiap tanggal 5 Juni.

Salah satunya adalah teknologi Blue Core yang dikembangkan oleh Yamaha. Blue Core merupakan inovasi teknologi yang memberikan sensasi fun dan eco-friendly saat dikendarai.

Teknologi ini ramah lingkungan dengan konsumsi bahan bakar yang efisien, namun tetap handal dan bertenaga. Tingkat kehematan bahan bakar Blue Core mencapai 50 persen lebih irit.

Sejak pertama kali diaplikasikan pada Mio, teknologi Blue Core saat ini sudah diterapkan pada motor-motor Yamaha lain, di antaranya All New Soul GT, New Fino125 Blue Core, Aerox 155VVA serta serial MAXI Yamaha, seperti NMAX dan XMAX.

Ke depannya Blue Core memang ditargetkan untuk menjadi standar teknologi mesin untuk sepeda motor matik Yamaha.

Tidak hanya itu, komitmen Yamaha terhadap lingkungan ini juga dilakukan lewat pengembangan fitur-fitur, antara lain ECO Indikator. Ini adalah fitur yang berfungsi menunjukkan pemakaian saat berkendara agar semakin irit dan ekonomis.

Teknologi Fitur Stop & Start System (SSS) sendiri adalah salah satu fitur eksklusif Yamaha yang berfungsi mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu pada saat motor sedang berhenti.

Produk sepeda motor Yamaha saat ini seluruhnya juga sudah memenuhi standar emisi EURO 3 yang ditetapkan oleh pemerintah. Tidak hanya itu, Yamaha juga selalu mendukung program pemerintah termasuk standar emisi demi terciptanya kelestarian lingkungan. Karena, selain berdampak pada kelestarian lingkungan, peningkatan standar emisi akan memacu Yamaha untuk memproduksi sepeda motor dengan teknologi baru yang ramah lingkungan.

Penghargaan demi penghargaan

Wujud nyata kepedulian Yamaha terhadap kelestarian lingkungan hidup juga bukan hanya dilakukan dari kualitas produknya, tetapi sudah dimulai dari sektor industri manufaktur.

Sejak 2012 hingga 2016, Yamaha mendapatkan “Penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup” Proper Peringkat Biru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Penghargaan ini ditujukan kepada pabrik Yamaha di Pulogadung dan Karawang.

Sedangkan pada level propinsi DKI Jakarta, Yamaha juga menorehkan prestasi dengan memperoleh penghargaan “Perusahaan dengan Predikat Sangat Baik dalam Ketaatan dan Kinerja Pengelolaan Lingkungan di DKI Jakarta” pada tahun 2009 hingga 2016.

Ini merupakan bentuk kepedulian Yamaha melestarikan lingkungan hidup di Ibu Kota.

Di samping penghargaan tersebut, Yamaha juga mendapatkan apresiasi untuk kontribusinya pada lingkungan hidup dengan mendapatkan Juara II Kategori Taman Kantor Swasta 2007, Pelopor Pembangunan Kolam Resapan 2008, Penerapan Lubang Resapan Biopori dan Sumur Resapan Kategori Industri atau Perkantoran 2012, Penerapan Daur Ulang Air Limbah Kategori Industri atau Perkantoran 2012.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com