Kilas

Semarang Tampil Cantik di Hari Lebaran, Ini Buktinya....

Kompas.com - 24/06/2017, 19:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Penyanyi yang juga pemain film Dewi Sandra memuji betul perubahan wajah Kota Semarang, Jawa Tengah, akhir-akhir ini. Tak hanya itu, Puteri Indonesia 2015 bahkan menyempatkan untuk touring menyusuri sudut-sudut kota itu.

Melalui akun Instragamnya, Dewi Sandra mengumbar pujian soal perubahan yang terjadi di Kampung Pelangi, Kalisari Kota Semarang. Dewi menyempatkan singgah dan berwisata di Kota Semarang‎. Kampung tematik, Kampung Pelangi adalah salah satu destinasi yang dia pilih.

"Salah satu tempat yang berubah begitu drastis. (Padahal) dulu tempat yang enggan didatangi apalagi dilirik, sekarang menjadi tempat yang lucu banget," tulis Dewi dalam unggahan fotonya saat mengunjungi Kampung Pelangi Semarang.

Apresiasi yang sama disampaikan Puteri Indonesia tahun 2015 yang juga warga kelahiran Kota Semarang, Anindya Kusuma Putri. Anin, begitu disapa, memuji habis perubahan infrastruktur kota yang menjadi jauh lebih rapi dan cantik.

Sebagai warga Semarang, Anin tahu betul tempat kelahirannya itu sejak lahir. Perubahan kota lumpia itu dari tahun ke tahun pun ia paham betul.

"Menurutku, Kota Semarang saat ini lebih rapi. Jadi lebih menarik juga dengan adanya kampung tematik di Semarang yang warna warni bisa buat foto-foto kayak di Brazil. Jadi, orang enggak perlu jauh-jauh lagi ke sana, di sini juga bisa," kata alumnus Undip Semarang it

NAZAR NURDIN/KOMPAS.com Sebuah gang kecil di Jalan Pemetesan, di Kampung Pekojan, Semarang dicat warna-warni dan dihias dengan pernak-pernik payung. Sejak dipercantik, gang kecil itu terus didatangi wisatawan untuk berfoto.
Melihat kotanya yang berubah, Anin bersama teman-temannya pun touring menyusuri Semarang. Saat melaju di jalan arteri Semarang, jalanan tampak bersih, rapi, dan lebih menarik dikunjungi.

"Selain kebersihan, Kota Semarang punya kampung tematik. Tadi pas jalan mau ke Bandara enggak sengaja lihat ada kampung warna-warni dan itu bikin penasaran," katanya.

Percantik kota

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi bertekad untuk terus memperbaiki dan menata kota menjadi lebih cantik dan manusiawi. Sejumlah bangunan yang dulunya kumuh dan tidak tertata, perlahan disulap menjadi lebih indah.

Hendrar menyadari bahwa Kota Semarang sebagai Ibu Kota Jawa Tengah berada di posisi strategis sebagai jalur lintas pulau Jawa. Masyarakat yang melintas di kota ini, termasuk pemudik, pasti singgah untuk menikmati keindahan kota.

Ia berharap kunjungan wisatawan saat libur Lebaran 2017 ini meningkat. Hendrar mengajak pemudik dan wisatawan untuk tidak melewatkan waktu liburnya dengan menelusuri sudut-sudut kota yang cantik.

"Kami sengaja menggarap secara cepat beberapa pekerjaan fisik, untuk mempercantik wajah kota Semarang," ujar Walikota yang dinobatkan sebagai kepala daerah terbaik 2017 dalam pelayanan publik oleh Kemenpan RB ini.

Salah satu pekerjaan fisik yang dipercepat itu misalnya pembuatan terowongan di Jalan Arteri Soekarno Hatta yang dibuat seperti tuts piano warna-warni.

NAZAR NURDIN/KOMPAS.com Menyambut pemudik Lebaran 2017, Kota Semarang mengecat dinding terowongan di Jalan Arteri Soekarno Hatta dengan aneka warna ceria.
Pemerintah Kota Semarang berupaya untuk menghilangkan kesan kumuh dan angker terowongan yang banyak dilewati oleh pemudik yang ingin menuju ke Jawa Timur.

Dia optimistis pemudik maupun wisatawan yang singgah, akan menemukan Kota Semarang yang lebih manusiawi dan ramah bagi semua kalangan. (KONTRIBUTOR SEMARANG/ NAZAR NURDIN)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com