Advertorial

Belajar Meraih Sukses dari Pendiri Zara

Kompas.com - 24/06/2017, 22:09 WIB

Bagi kamu yang selalu memperbarui koleksi fashion, tentu merek Zara sudah tidak asing lagi. Salah satu merek Inditex itu memang memiliki banyak penggemar. Sejak sahamnya go public pada 2001, nilai saham Inditex sudah naik 10 kali lipat dibanding pesaingnya.

Amancia Ortega adalah orang di balik perusahaan ini. Pada 2015 lalu, Amancia sempat menggeser posisi Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia. Untuk itu, ada beberapa pelajaran bisa kamu petik darinya seperti dikutip harian The Independent.

Tak punya ruangan, meja dan komputer pribadi

Menurut beberapa rekan bisnisnya, Amancia lebih memilih bekerja bersama rekan-rekannya di ruang desain Zara Woman.

Sosok kuat dan mendalam

Jose Maria Castellano yang merupakan rekan bisnis Amancia lebih dari 31 tahun menyebutnya sebagai sosok kuat dan mendalam. Amancia adalah orang yang suka berdiskusi secara pribadi dan rinci dengan kelompok-kelompok kecil.

Komunikasi langsung

Komunikasi menggunakan email tentu sudah jamak. Meski begitu, Amancia tetap mempertahankan gaya komunikasi konvensional. Dia lebih suka berbicara langsung pada orang yang ingin ia ajak bicara.

Membagi tugas

Meski dia adalah orang nomor satu di Zara, ia tak sungkan berbagi tugas pada bawahannya.

Selalu menjadi pendengar

Amancio adalah orang yang rajin mendengarkan. Dia lebih suka mendengar daripada bicara. Dia menghindari bicara di depan umum dan membiarkan anak buahnya berbicara kepada publik.

Memilih gerai di dekat pabrik

Menjaga bisnis tetap dekat rumah juga merupakan salah satu kunci sukses Amancia. Karenanya, 55% pabrik Zara dan sebagian besar gerai ada di Spanyol, Portugal dan Maroko meski produksinya banyak dilakukan secara outsourcing di Asia.

Sumber: http://smart-money.co/bisnis/belajar-meraih-sukses-dari-pendiri-zara

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com