Advertorial

Michael Jordan, dari Atlet Kini Jadi PemilikKlub Basket Charlotte Hornets

Kompas.com - 24/06/2017, 22:16 WIB

Talenta bisa memenangi pertandingan, tetapi kerja sama dan kecerdikan yang dapat memenangi kejuaraan. Ungkapan itu merupakan salah satu kalimat ajaib Michael Jordan, mantan atlet basket profesional. Ia sekarang merupakan seorang pengusaha dan pemilik dari klub basket Charlotte Hornets.

Jordan mengatakan pentingnya kerja sama tim untuk meraih kemenangan. Dia bahkan mengembangkan potensi empat pemain lainnya di lapangan agar bisa bermain optimal saat pertandingan. Misalnya, Bill Cartwright di posisi center dan John Paxson di posisi penembak jitu 3 angka.

Jordan menggambarkan pada awalnya bola diberikan kepada Bill Cartwright, lalu dioper ke John Paxson. Sehingga tiga orang lainnya di lapangan, yakni Jordan, BJ Amstrong, dan Scottie Pippen bisa bergerak bebas dan mengambil posisi yang bagus untuk mencetak.

“Kami berlima bekerjasama untuk mencapai tujuan tim, apabila diantara kami berlima mengandalkan ego kami, maka kemenangan mustahil diraih,” ujar Jordan.

Menurut Jordan, banyak sekali tim-tim di NBA yang mempunyai pemain-pemain hebat tetapi tidak pernah juara. Atau pada tahun pertama di NBA menjadi pemain inti, namun pada tahun-tahun berikutnya menjadi pemain cadangan. Penyebabnya, pada umumnya pemain-pemain tersebut tidak mau berkorban untuk membuat timnya menjadi lebih baik atau juara.

Sebagai seorang pemain basket profesional, Michael Jordan bermain selama 15 musim NBA untuk Chicago Bulls dan Washington Wizards. Dia menjadi seorang pemain basket NBA terbaik dan menjadi seorang pemain yang mendongkrak nama NBA ke seluruh dunia.

Sebagai pengusaha, Michael Jordan memperoleh kesuksesan dari penjualan Nike’s Air Jordan yang pertama kali dipopulerkan pada tahun 1985. Selain itu, ia juga membintangi film Space Jam pada 1996.

Dia menjadi seorang pemain NBA pertama yang menjadi miliuner dalam sejarah, usai meningkatkan kepemilikannya atas klub basket Charlotte Hornets dari 80 persen menjadi 89,5 persen. Forbes melansir kekayaan Jordan pada November 2015 yang diperkirakan memiliki kekayaan bersih senilai 1,1 miliar dollar AS.

Sumber : Web BCA Prioritas

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com