Advertorial

Pengeluaran Boleh Lebih Boros, Asal....

Kompas.com - 26/06/2017, 13:21 WIB

 

Perencanaan keuangan merupakan hal yang harus dilakukan untuk mengatur masa depan. Oleh sebab itu, setelah menerima gaji, penting untuk membuat pos-pos pengeluaran.

Dengan merencanakan pengeluaran, termasuk saat belanja, maka Anda tak akan hilang kendali saat belanja bulanan. Meski demikian, ada hal-hal yang ternyata boleh dilakukan di luar pos-pos perencanaan yang telah dibuat.

Asuransi kesehatan
Kesehatan merupakan hal penting. Bila Anda sakit dan tidak punya asuransi, biaya pengobatan bisa lebih mahal. Oleh karena itu, wajib memiliki asuransi kesehatan.

Anda bisa menyisihkan setidaknya 10 persen pendapatan bulanan untuk membayar premi asuransi kesehatan. Dalam memilih asuransi kesehatan, pastikan nilai premi sebanding jumlah pertanggungannya. Selain itu, Anda juga harus cek kecepatan proses klaimnya.

Membeli produk bermerek
Siapa bilang Anda tidak boleh membeli produk bermerek? Meski sedang berhemat, membeli barang bermerek yang benar-benar sesuai kebutuhan dan punya masa pakai lama juga bisa berubah menjadi kegiatan berhemat.

Dana untuk membeli barang-barang bermerek ini bisa diambil dari gaji bulanan. Besarnya setidaknya 10 persen total gaji. Sebelum membeli, pastikan reputasi merek, layanan dan garansi. Ada baiknya untuk survei pula kinerja produknya.

Pemeliharaan transportasi
Transportasi juga merupakan kebutuhan penting untuk menunjang karier. Karena itu, Anda "halal" mengeluarkan biaya lebih untuk pemeliharaan kendaraan dibanding menggunakan transportasi umum.

Dana untuk pemeliharaan transportasi rutin ini besarannya mencapai 30 persen pengeluaran rutin. Ada baiknya untuk menyiapkan anggaran terpisah yang jumlahnya dua kali lipat rata-rata pengeluaran perawatan kendaraan per bulan.

Gaya hidup sehat
Memulai hidup sehat juga penting sebagai upaya mencegah penyakit. Anda bisa memulainya dengan mendaftarkan diri di kelas-kelas kebugaran, memesan katering sehat atau membeli makanan organik. Anda bisa menyisihkan setidaknya 30 persen dana dari kebutuhan rutin untuk mencoba gaya hidup lebih sehat ini. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com