Advertorial

Benarkah Perempuan Sulit Berkarier di Perusahaan Teknologi?

Kompas.com - 28/06/2017, 16:06 WIB

Karyawan perusahaan teknologi saat ini masih didominasi oleh laki-laki. Bagaimana peluang perempuan untuk berkarier di bidang teknologi?

Dilansir dari Smart-money.co, Susan Fowler menceritakan pengalamannya bekerja di Uber selama setahun. Di perusahaan tersebut, katanya, jumlah pekerja perempuan turun dari 25 persen jadi 6 persen.

CEO Uber Travis Kalanick pun melakukan investigasi. Menurut ia, jumlah insinyur perempuan di perusahaannya ada 15,1 persen. Jumlah tersebut termasuk karyawan di manajemen produk dan peneliti.

Ia juga membandungkan jumlah karyawan perempuan di Google, Twitter, dan Facebook. Mashable pun menindaklanjuti penelitian itu. Hasilnya, karyawan perempuan di Facebook jumlahnya sekitar 17 persen dari keseluruhan karyawan.

Di dua perusahaan besar teknologi lain seperti Google dan Twitter, angkanya pun tidak jauh beda. Di Google, jumlah karyawan perempuan sekitar 19 persen sedangkan Twitter 15 persen. Laporan ini menunjukkan, 20 persen porsi perempuan di sektor publik masih susah dijalankan.

Lalu, perusahaan teknologi apa yang paling ramah terhadap perempuan? Menurut hasil survei, perusahaan paling ramah untuk perempuan adalah firma perusahaan yang bergerak di cloud computing.

Di peringkat delapan teratas ada Cornerstone On Demand, Slack, Indeed, Hubspot, Zenefits, Zillow, Salesforce dan Chegg. Karyawan perempuan di perusahaan-perusahan ini merasa lebih mendapat persamaan derajat dalam gaji, kesempatan karier, kepemimpinan dan budaya kerja.

Beberapa CEO-nya pun mendapat peringkat atas, termasuk Spener Rascoff (Zillow), Stewart Butterfield (Slack) dan juga Brian Halligan (Hubspot).

Di daftar 12 besar, hanya ada tiga nama perusahaan teknologi besar. Mereka adalah Tim Cook (Apple) di peringkat ke-10, Satya Nadella (Microsoft) di posisi ke-11, dan Jeff Weiner (Linkedin) di posisi ke-12. Meski perusahaan mereka peduli terhadap kesetaraan hak-hak perempuan, perlu dicermati juga bahwa 12 CEO yang masuk daftar teratas semuanya adalah laki-laki.

Sumber: Smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com